BLT Dana Desa Kampung Bilah Disalurkan Kepada 151 Kepala Keluarga

0
94
Tampak warga sedang mengambil dana BLT dari dana desa.
Dijual Rumah

Labuhanbatu, buktipers.com – Desa Kampung Bilah, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, hari ini menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT), sebesar Rp600.000 (Enam ratus ribu rupiah) yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2020 kepada 151 Kepala Keluarga (KK), Senin (18/05/2020).

Bantuan itu, diberikan langsung kepada yang berhak oleh Kepala Desa Kampung Bilah, Junaidi, beserta perangkat desa, disaksikan Babinkantibmas Desa Bilah, Aiptu Nasir, Sekcam Bilah Hilir, Sopianto S.Si, Babinsa Koramil 02/09 dan Ketua BPD Desa Kampung Bilah.

Kepala Desa Kampung Bilah dalam arahannya mengatakan, bantuan yang diberikan hari ini, adalah bantuan yang anggarannya dari DD dan bantuan itu akan diberikan selama 3 bulan kepada masyarakat yang berhak menerima.

“Bantuan ini akan berlangsung 3 bulan, terhitung dari bulan Mei, Juni dan Juli. Tetapi, hari ini, bantuan yang kita salurkan adalah bantuan untuk bulan Mei. Pada bulan Juni, warga akan mendapat bantuan kembali. Masih ada Covid – 19 atau tidak, warga akan tetap dapat bantuan selama 3 bulan. Itu peraturan pemerintah dan sudah diundang-undangkan,” kata Junaidi.

Di kesempatan itu, Junaidi menghimbau warga, apabila ada tetangga, saudara atau warga desa itu yang bertanya, mengapa mereka tidak mendapatkan bantuan. Junaidi meminta kepada warga yang sudah mendapat bantuan untuk membantu menerangkan, bahwasannya mereka juga akan mendapat tetapi menunggu giliran.

Apabila warga tidak membantu memberikan penjelasan, lanjut Junaidi, informasi bisa menjadi simpang siur dan bisa menimbulkan fitnah.

“Akibat dampak Covid – 19 ini, kita sudah mendata secara konkrit dan 90 persen warga desa ini mendapat bantuan. Tetapi semua ada gilirannya. Sedangkan yang hari ini mendapatkan bantuan sebanyak 151 orang, sudah hasil musyawarah dengan perangkat desa, tokoh masyarakat,” terang Junaidi.

amat Bilah Hilir, Bangun Siregar S.Pd, melalui Sekretaris Kecamatan Bilah Hilir, Sopianto S.Si, di dalam acara tersebut mengatakan, dana yang diberikan oleh pemerintah, bersifat untuk membantu meringankan beban masyarakat.

“Bagi yang sudah dapat bantuan dari BLT dana desa tidak boleh mendapat bantuan dari pusat maupun dari kabupaten. Bantuan tidak boleh ganda atau bedabal,”imbuh Sopianto.

Pantauan buktipers.com di lapangan, pendistribusian bantuan langsung tunai itu, berjalan aman, lancar dan tertib.

 

(Syafii Harahap)