BNN Bakar 2 Hektare Lahan Ganja di Bukit Raorao Madina

0
21
Petugas gabungan BNN membakar lahan ganja seluas dua hektare di Mandailing Natal. (Foto: MNC Portal/Wahyudi Aulia Siregar)
Dijual Rumah

Madina, buktipers.com – Petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) membakar lahan ganja seluas dua hektare (ha) di perbukitan Desa Raorao Dolok, Kecamatan Tambangan, Mandailing Natal (Madina), Sumatra Utara (Sumut), Selasa (24/8/2021).

Total ada 12.000 batang pohon ganja dengan berat mencapai enam ton yang dibakar.

Kepala Biro Humas dan Protokol BNN, Brigjen Pol Sulistyo Pudjo mengatakan, dua hektare lahan ganja itu terdiri atas tiga ladang yang terpisah. Masing-masing ketinggian di ketinggian 877 mdpl, 803 mdpl, dan 915 mdpl.

“Untuk ketinggian pohon ganjanya sendiri antara 30 sampai 180 centimeter,” ujar Sulistyo, Rabu (25/8/2021).

Dalam pemusnahan ladang ganja itu, Sulistyo mengatakan, ada 134 personel yang terlibat. Merek terdiri atas personel BNN, TNI, Polri, Bea cukai, Satpol PP dan instansi terkait di kecamatan tambangan.

“Keterlibatan berbagai instansi dalam pemusnahan tersebut merupakan wujud sinergitas dan komitmen negara dalam mengimplementasikan program pencegahan dan pemberantasan peredaran gelap narkotika dan penyalahgunaan narkoba,” katanya.

Pengungkapan keberadaan ladang ganja ini setelah BNN menemukan ketiga titik ladang ganja itu pada sepekan lalu. Tepatnya pada hari kemerdekaan 17 Agustus 2021 kemarin.

“Ini wujud nyata upaya kita memerangi narkoba sekaligus dalam rangka mewujudkan Indonesia bersih narkoba atau Bersinar. Ini juga jadi hadiah untuk Indonesia dalam ulang tahun ke-76 kemerdekaan RI,” ujarnya.

 

Sumber : iNews.id