BNNK Balikpapan Mengeluarkan Sekitar 600 SKHPN Gratis bagi Siswa Baru

0
123
Para siswa/i baru memadati kantor BNNK Balikpapan. (foto/mawan moko)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Balikpapan

Suasana Penerimaan Siswa Didik Baru (PPDB) tak hanya kelihatan di sekolah maupun Dinas Pendidikan, namun Kantor BNNK Balikpapan  juga merasakan dampak dari PPDB tersebut.

Sejak sepekan terakhir ini, Kantor BNNK Balikpapan didatangi  ratusan pelajar, ditemani orangtuanya untuk melakukan tes narkoba (urine).

Mereka menjalani tes urine di klinik IPWL BNNK Balikpapan, agar mendapatkan Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan Narkotika (SKHPN). Dan surat tersebut, nantinya digunakan untuk persiapan pendaftaran siswa, khususnya Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Adapun syarat pengurusan SKHPN, yaitu fotokopi KTP atau Kartu Keluarga (Jika belum cukup umur, red), dan membawa alat tes kit uji narkotika 6 parameter serta botol sample urine yang dapat dibeli masyarakat di apotek atau toko alat kesehatan,” ujar Kepala BNNK Balikpapan, Kompol M Daud.

Kantor BNNK Balikpapan. (foto/mawan moko)

Selama sepekan ini, pihaknya sudah mengeluarkan sekitar 600 lembar surat SKHPN. Rata-rata kebutuhan mereka dalam rangka mendaftar sekolah. Namun, ada beberapa juga dalam rangka mencari kerja atau keperluan administratif lainnya, katanya.

Ditambahkannya, pelayanan dan pemeriksaan urine harus sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP). Hal ini juga terkait alat yang harus standar dan mekanisme pengambilan urine yang harus di awasi oleh petugas.

“Kami sifatnya pelayanan kepada masyarakat, jadi dalam pengurusan SKHPN bisa dilakukan di klinik IPWL lainnya, tidak hanya di klinik IPWL BNNK Balikpapan,” jelasnya.

Lebih lanjut, pihaknya mengungkapkan, SKHPN yang dikeluarkan BNNK merupakan bentuk pelayanan klinik IPWL BNNK kepada warga yang membutuhkannya, gratis atau tidak dipungut biaya. Klinik membuka pelayanan dari Senin hingga Jumat, pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai, tutupnya.

 

(mawan moko)