Bobol ATM dapat Rp2,4 Miliar, Pria Ini Beli Pakaian dan Liburan ke Bali

0
2
Seorang pria mantan teknisi bobol ATM lalu liburan ke Bali. (Foto: Ist)
Dijual Rumah

Balikpapan, buktipers.com – Seorang pria berinisial AT ditangkap polisi dari Polda Kalimantan Timur (Kaltim) terkait kasus pembobolan ATM.

Dari pembobolan sedikitnya enam ATM di sejumlah daerah, mantan teknisi ini memperoleh uang Rp2,4 miliar.  Dengan uang dalam jumlah besar itu, pelaku membeli barang bermerek, pakaian dan liburan ke Bali.

Kabidhumas Polda Kaltim Kombes Pol Yusuf Sutejo mengungkapkan, tersangka merupakan mantan karyawan salah satu perusahaan pihak ketiga yang bekerja dalam bidang perbaikan mesin ATM. Pelaku diketahui beraksi di tiga daerah yakni Samarinda, Kutai Kartanegara, dan Kutai Barat.

“Tersangka merupakan salah satu karyawan teknisi di salah satu perusahaan pihak ketiga yang menangani perawatan dan perbaikan ATM. Pelaku melakukan pembobolan di Kutai Kartanegara, Samarinda Dan Kutai Barat,” kata Yusuf Sutejo dalam konferensi pers di Polda Kaltim, Kamis (17/02/2022).

Sutejo melanjutkan, tersangka diketahui melakukan pembobolan enam ATM berbeda dalam kurun waktu antara September 2021 hingga Januari 2022.

Dari aksinya tersebut, pelaku berhasil menggasak uang tunai Rp2,4 miliar.

Berbeda dengan pembobolan ATM pada umumnya, saat beraksi, pelaku memanfaatkan keahlian sebagai teknisi perbaikan mesin ATM untuk menguras uang dari dalam mesin.

“Pengakuan tersangka, hasil dari kejahatan ini digunakan untuk berfoya-foya dan treveling ke bali serta membeli barang bermerek,” tuturnya dikutip dari kutai.inews.id.

Atas perbuatannya tersangka dijatuhi pasal 363 KUHP Ayat (1) ke-(5E) jo Pasal 65 KUHP terkait dengan tindak pidana pencurian dengan pemberatan yang dilakukan secara berulang di tempat yang berbeda dengan ancaman hukuman setidak-tidaknya 8 tahun penjara.

 

Sumber : iNews.id