BPBD Labuhanbatu Sambut Kunjungan SMP IT AL FIKRI Labura

0
73
Siswa – siswi SMP IT AL FIKRI Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), mengunjungi kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Labuhanbatu, jalan Hause Gautama, Kelurahan Bakaranbatu, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu, Rabu (07/09/2022) dan disambut baik oleh Kaban BPBD Drs. Darwin Yusma, M.Ap.
Dijual Rumah

Labuhanbatu, buktipers.com – Puluhan Murid-murid dari Sekolah SMP IT AL FIKRI Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Rabu (07/09/2022), mengunjungi kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Labuhanbatu, jalan Hause Gautama, Kelurahan Bakaranbatu, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu.

Acara diawali dengan pembacaan doa yang dibawakan Devin, kelas 1 SMP dari Yayasan SMP IT AL FIKRI.

Kepala Sekolah SMP IT AL FIKRI menjelaskan tentang kunjungan mereka ke kantor BPBD Labuhanbatu ini adalah melihat kondisi sekarang cuaca yang sangat ekstrim, dan untuk menghadapi persiapan dan mengetahui tata cara penyelamatan tentang terjadi bencana alam seperti kebakaran, longsor, banjir dan bencana alam lainnya.

Kunjungan ini disambut baik oleh Kaban BPBD Drs. Darwin Yusma, M.Ap.

Kaban BPBD memperkenalkan yel-yel salam sehat tangguh dengan moto senyum.

Dia menjelaskan, BPBD Kabupaten Labuhanbatu terbentuk berdasarkan peraturan daerah nomor 2 tahun 2016 tentang pembentukan perangkat daerah Kabupaten Labuhanbatu. Awal mula terbentuknya BPBD  Labuhanbatu dipimpin oleh:

(1).Bapak Said Ali Harahap, S.Sos M.Si dari Januari 2017 – Oktober 2017.

(2).Bapak Sofyan Hasibuan, M.Ap dari Oktober 2017 – Oktober 2019.

(3).Bapak Plt. Atia Mucthar Maulana Hasibuan, S.STP dari November 2019 – 31 Desember 2021.

Siswa – siswi SMP IT AL FIKRI Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), mengunjungi kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Labuhanbatu, jalan Hause Gautama, Kelurahan Bakaranbatu, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu, Rabu (07/09/2022) dan disambut baik oleh Kaban BPBD Drs. Darwin Yusma, M.Ap.

(4).Bapak Plt. H.Aidi Syahmir Hasibuan, S.ip dari Januari 2022 – Maret 2022.

(5).Bapak Drs. Darwin Yusma, M.Ap dari Maret 2022 hingga sekarang.

Peran serta BPBD Labuhanbatu, selain penanggulangan banjir, kebakaran hutan dan lahan, pencarian korban hanyut, dan angin puting beliung (bencana alam), juga penanggulangan bencana non alam seperti Covid – 19 yang mulai mewabah dari akhir 2019 dan masuk ke Indonesia khususnya Labuhanbatu dari Maret 2020, ujar Drs. Darwin Yusma, M.Ap.

Namun BPBD Labura lebih hebat karena sudah punya kantor, untuk BPBD Labuhanbatu masih numpang. Jadi mohon doakan visi & misi pak Sekban dan beberapa rekan ke provinsi untuk mengurus supaya kita dapat pembebasan bekas kantor kehutanan yang sekarang sudah di provinsi. Jadi ini lah kantor kami, disini lah kami, begini lah keadaan BPBD Labuhanbatu, induknya masih numpang dan siap membantu dengan apa adanya, tapi bukan ada apanya, katanya lagi.

Kaban BPBD perkenalkan berbagai alat penyelematan seperti pelampung, perahu karet, racun api serta berbagai alat transportasi untuk mengevakuasi korban bencana alam.

Kemudian Kabid Logistik, Sulkani Nasution S.STP memperkenalkan alat-alat kesehatan seperti masker, sanitaizer termogen, alat swap, cairan dinsinfektan, dan alat pelindung diri (APD) penanganan Covid-19.

Dalam acara ini BPBD Labuhanbatu memberikan alat pelindung kesehatan seperti masker dan sanitaizer kepada sekolah SMP IT AL FIKRI.

Kepala Badan BPBD Kabupaten Labuhanbatu, juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan SMP IT AL FIKRI Labura ini yang ingin mengetahui kegiatan sekaligus mengenali alat-alat yang dipergunakan dalam upaya penyelamatan dan juga menghindari bahaya jika terjadi bencana alam.

Hal ini sangat membahagiakan kami dari BPBD Labuhanbatu atas kemauan anak-anak untuk mengetahui fungsi dan tugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), sebutnya.

Turut hadir dalam pertemuan ini, Kaban BPBD bersama staf, Kepala Sekolah SMP IT AL FIKRI Labura bersama guru dan Siswa-siswi serta insan pers.

 

(Syafii Harahap)