Buaya yang Viral Muncul di Sungai Deli Ditangkap Personel BBKSDA Sumut

0
10
Petugas BBKSDA Sumut yang menangkap buaya liar di Sungai Deli. (Foto: iNews/Fadli Pelka)

Medan, buktipers.com – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara (BBKSDA Sumut) menangkap buaya yang berkeliaran di Sungai Deli. Dalam beberapa hari terakhir ini, buaya tersebut viral setelah penampakannya terekam video amatir saat berjemur di pinggir sungai, tak jauh dari pemukiman warga Dusun IV Gang Keluarga, Desa Kedai Durian, Kecamatan Delitua, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut).

“Hasil observasi, jenisnya ini buaya air tawar (crocodylus novaeguineae) berkelamin jantan, umur masih remaja dengan panjang tubuh 164 centimeter (1,6 meter). Kondisinya sehat,” ujar Kepala BBKSDA Sumut Hotmauli Sianturi, didampingi Kepala Subbag Data Evlap dan Kehumasan Andoko Hidayat, Selasa (8/9/2020).

Menurutnya, saat ini buaya tersebut dititipkan ke Lembaga Konservasi mitra/binaan BBKSDA Sumut R Zoo and Park di Desa Bengabing, Kecamatan Pegajahan, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai).

Dia menceritakan, penangkapan reptil setelah pemantauan selama beberapa hari di aliran Sungai Deli. Personel BBKSDA Sumut ke lokasi untuk mencari dan mengumpulkan data serta keterangan, baik dari pemerintahan desa maupun warga yang melihat.

Setelah itu dilakukan langkah berupa pemantauan rutin, sosialisasi kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam beraktivitas di sungai. Selain itu memasang jerat dengan membuat umpan anak bebek untuk memancing buaya tersebut.

“Kami menyampaikan terimakasih atas dukungan dan kerja sama yang baik dari berbagai pihak serta masyarakat sehingga penanganan konflik ini dapat berjalan  baik dan lancar. Masyarakat terlindungi dan satwa liar terselamatkan,” kata Hotmauli.

 

Sumber : iNews.id