Bukan Cuma PTN, Mahasiswa PTS Juga Dapat Kuota Gratis 50 GB

0
14
Ilustrasi (Foto: iStock)

Jakarta, buktipers.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyebut subsidi kuota bukan hanya akan diberikan kepada mahasiswa perguruan tinggi negeri (PTN). Namun mahasiswa perguruan tinggi swasta (PTS) juga akan mendapat subsidi itu.

“Untuk semua mahasiswa PTN maupun PTS,” kata Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Nizam kepada wartawan, Kamis (27/8/2020).

Nantinya, mahasiswa tersebut akan mendapatkan subsidi kuota sebesar 50 GB. Nizam mengatakan kuota tersebut akan disalurkan dalam bentuk pulsa.

“Karena harga paket data antar-operator tidak sama, bantuan diberikan dalam bentuk pulsa langsung ke nomor yang digunakan dan didaftarkan mahasiswa,” ucap Nizam.

Namun Nizam mengatakan petunjuk teknis terkait subsidi kuota masih diproses di Kemendikbud. “Sedang kita detilkan juknisnya,” ucap Nizam.

Diketahui, pemerintah telah menggelontorkan dana sekitar Rp 9 triliun guna membantu siswa, mahasiswa, guru, hingga dosen untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengungkapkan skema penyaluran kuota masih dalam kajian.

“Mohon ditunggu skemanya tapi alhamdulillah dana sekitar Rp 9 triliun itu sudah diamankan,” kata Nadiem di kompleks MPR/DPR RI, Senayan, Kamis (27/8).

Dalam paparan yang ditampilkan Nadiem saat rapat bersama Komisi X DPR, Nadiem akan memberikan bantuan anggaran Rp 7,2 triliun untuk subsidi kuota internet kepada siswa, guru, dan mahasiswa, dan dosen.

Rinciannya, setiap bulan siswa akan mendapat 35 GB, kemudian guru akan mendapat kuota 42 GB. Sementara itu, mahasiswa dan dosen akan mendapat kuota 50 GB per bulan.

 

Sumber : detik.com