Beranda Serba Serbi Bukan Orang Gila, Bicara dengan Diri Sendiri Bagus Buat Kesehatan Mental

Bukan Orang Gila, Bicara dengan Diri Sendiri Bagus Buat Kesehatan Mental

34
0

Jakarta, buktipers.com – Apa yang kamu pikirkan jika melihat orang berbicara sendiri di depan cermin? Sempat terlintas bahwa orang itu tidak waras alias gangguan jiwa. Padahal tidak melulu seperti itu, percaya atau tidak berbicara pada diri sendiri sangat baik untuk kesehatan mental.

Mengutip laman Times of India, Sabtu (23/11/2019), berbicara pada diri sendiri dengan suara lantang pada dasarnya merupakan perpanjangan pembicaraan batin kepada diri sendiri. Seperti halnya kita sedang mengutuk atau memotivasi diri sendiri untuk menyelesaikan tugas sulit.

Tahu nggak sih? Saat berbicara melalui pikiran akan membuat kita lebih fokus. Apalagi saat kita bisa mengekspresikan pikiran batin dengan suara yang keras. Fokus lebih terkendali karena perilaku, ingatan, dan rencana akan berjalan secara efisien.

Baca Juga!  Pencanangan Bakti Sosial TNI Manunggal KB- Kesehatan di Tapteng Resmi Dibuka Bupati

Memastikan bukan tanda hilang waras, faktanya berbicara dengan diri sendiri akan mengobarkan semangat, dan memberikan afirmasi positif sehingga tujuan mudah tercapai.

Ini juga mengapa para atlet kita lihat sering berkata kepada diri sendiri seperti ‘pasti bisa!’, ‘berjuang!’, ‘semangat!’. Kata-kata ini banyak terekam saat momen pertandingan berlangsung.

Ini juga bisa berlaku saat pekerjaan menumpuk, tapi di satu sisi energi semakin terkuras, berbicara dengan diri sendiri juga membantu. Seperti menyebutkan dengan lantang daftar pekerjaan, dan rasakan semua fokus dan perhatian hanya untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

Ada juga saat deadline sudah melanda di depan mata, keadaan akan sangat sulit untuk fokus dan menyelesaikan proyek tepat waktu. Coba deh, luangkan waktu untuk memuji diri sendiri dan berteriak.

Baca Juga!  Nida Dan Delima Asal Kota Tanjung Balai Lolos Audisi Kdi

Bicara dengan keras pada diri sendiri, maka rasakan pikiran akan sangat powerfull dan akan memberikan penghargaan atau reward jika kita bisa menyelesaikan tugas dengan deadline di depan mata.

 

Sumber : Suara.com

Loading...