Buntut Kotak Suara Terbakar di Kantor Camat Gunungsitoli, 13 Petugas PPK Diperiksa

0
154
Sebanyak 825 Kotak dan 19 Kotak Suara PPK Kecamatan Gunungsitoli Ludes Terbakar. Tribun Medan/Istimewa
Dijual Rumah

Buktipers.com – Medan

Sebanyak 13 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) diperiksa untuk dimintai keterangan di Polres Nias pascaterbakarnya kotak suara di kantor camat Gunungsitoli pada Sabtu (4/5/2019) dinihari.

“Sudah 13 petugas PPK yang diperiksa, sejauh ini masih proses lidik,” kata Kapolres Nias, AKBP Deni Kurniawan, Minggu (5/5/2019).

Sampai saat ini, sambungnya, ia belum bisa memastikan penyebab terbakarnya kantor camat Gunungsitoli yang mengakibatkan kotak suara juga terbakar.

Dari hasil keterangan saksi, apakah kotak suara sengaja dibakar atau tidak, orang nomor satu di Polres Nias ini belum bisa menyimpulkan.

“Belum ada, masih lidik,”ujarnya singkat.

Sama halnya dengan ditanya mengenai sebelum peristiwa kebakaran ada terdengar suara lemparan dari luar kantor camat, AKBP Deni mengatakan masih dalam penyelidikan.

“Sabar ya,”akunya.

Seperti diketahui, Kantor Camat Gunung Sitoli yang digunakan sebagai Kantor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Gunung Sitoli Dilalap si jago merah.

Kejadian kebakaran ini terjadi pada Sabtu (4/5/2019) sekitar pukul 03.55 WIB dinihari.

Kapolres Nias AKBP Deni Kurniawan membenarkan kejadian ini. Ia mengatakan akibat peristiwa nahas itu, kantor camat Gunung Sitoli yang dipergunakan sebagai kantor PPK setengahnya rata dengan tanah.

“Untuk penyebabnya kita belum tahu. Yang pasti, sudah ada beberapa saksi yang kita periksa terkait kebakaran ini. Mengenai jumlah saksi belum bisa kita kasih tau, karena pemeriksaan dilakukan estafet,”katanya saat dihubungi melalui selularnya, Sabtu (4/5/2019) malam.

Api, katanya, berhasil dipadamkan sekitar satu jam dan pihaknya juga sudah mengamankan dokumen-dokumen beserta laptop.

“Beberapa dokumen terkait pemilu dan laptop sudah diamankan,”ujarnya.

Mengenai penyebab kebakaran karena adanya lemparan bom molotov, orang nomor satu di Polres Nias ini mengaku masih menyelidiki penyebab kebakaran ini.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, saat peristiwa kebakaran terjadi, di dalam aula Kantor Camat ini tersimpan seluruh kotak suara wilayah Kecamatan Gunungsitoli, sebanyak 825 kotak dan 19 kotak suara untuk PPK Kecamatan Gunungsitoli.

Sumber : tribunnews.com