Beranda Parawisata Buntut Viral di Medsos, Kadis Kominfo Samosir : Restaurant Wajib Buat Daftar...

Buntut Viral di Medsos, Kadis Kominfo Samosir : Restaurant Wajib Buat Daftar Menu dan Harga

141
0
Call center Pemkab Samosir.
Loading...

Buktipers.com – Samosir

Ternyata, pihak Pemkab Samosir melalui Dinas Pariwisata setempat, jauh sebelumnya telah menghimbau para pengusaha kuliner dan restaurant, agar menyediakan daftar menu, dan termasuk harganya.

Dan daftar menu dan harganya tersebut, harus diperlihatkan kepada setiap pengunjung atau wisatawan yang memesan makanan maupun minuman, termasuk fasilitas lainnya.

“Jadi melalui stakeholder terkait, seperti Dinas Pariwisata, masalah daftar menu dan harga menu tersebut telah disampaikan kepada pelaku kuliner dan pengelola restaurant. Dan selama daftar menu itu diperlihatkan kepada pengunjung, maka tidak ada masalah,”jelas Rohani Bakkara, Kadis Kominfo Kabupaten Samosir, saat dihubungi wartawan, via ponsel, Sabtu malam (5/1/2019).

Lanjutnya, begitu ada cuitan di media sosial (medsos) soal tingginya harga menu minuman, termasuk fasilitas di sebuah warung tersebut, pihaknya langsung menyikapinya dengan menyampaikan permohan maaf.

Baca Juga!  Pasca Longsor Lombang Siduadua, Panatapan Sepi dan Kapal Jarang Berlayar

Menurut Rohani, bisa saja pihak restaurant yang membuat harga menu tinggi tersebut adalah rintisan, atau di luar binaan dari pihak Dinas Pariwisata.

“Karena membuat daftar menu dan harga makanan maupun minuman tersebut, jelas – jelas diwajibkan,”tandasnya.

Cuitan pemilik akun facebook atas nama Juliati Sagala. (screenshot)

Dan bisa jadi, praduganya, kalau pihak pengelola warung atau restaurant itu, sengaja menyembunyikan daftar menu dan harganya.

Sehingga untuk mengetahui kepastiannya, maka pihaknya akan menurunkan tim untuk memperdalam informasi, sekaligus untuk mengecek izin usahanya.

“Dan jika nantinya ditemukan pelanggaran, kita akan memberikan sanksi,”tegasnya.

Kadis Kominfo juga berharap agar pengunjung atau siapa saja, jangan sungkan memberikan informasi kalau ada menemukan pengelola kuliner maupun restaurant yang nakal, seperti tidak memperlihatkan daftar menu dan harganya.

Baca Juga!  Cerita Bule Jerman dan Gadis Purworejo Sebelum Menikah

“Silahkan melapor ke call center Pemkab Samosir. Bisa dihubungi ke nomor 082274229622. Melayani WA atau SMS,”ujarnya.

Dipertegasnya, bahwa Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, selalu mengingatkan jajarannya dan masyarakat, agar tetap menjadikan Kabupaten Samosir sebagai kunjungan wisata yang dikenal ramah, aman dan nyaman bagi siapa saja, terlebih bagi wisatawan.(gusri)

 

Loading...