Bupati Aceh Singkil Buka Sosialisasi P2KTD dan PID

0
367
Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid pada pembukaan kegiatan Sosialisasi P2KTD dan rapat Koordinasi TIK Program Inovasi Desa (PID) se Kabupaten Aceh Singkil tahun 2018, Kamis (1/11/2018).(foto/ist)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Aceh Singkil (Aceh)

Bertempat di Aula Bappeda, Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid secara resmi membuka kegiatan Sosialisasi P2KTD dan rapat Koordinasi TIK Program Inovasi Desa (PID) se Kabupaten Aceh Singkil tahun 2018, Kamis (1/11/2018).

Acara itu dihadiri anggota DPRK Aceh Singkil, Frida Siska Sihombing, Kapolres Aceh Singkil, AKBP Adrianto Argamuda SIK, Dandim 0109/Singkil, Letkol Inf Syaifuddin SAg, Kejari Aceh Singkil, beserta jajaran Sekdakab Aceh Singkil.

Bupati mengatakan, kegiatan sosialisasi P2KTD dan Rakor TIK merupakan hal yang prinsip dan harus dilaksanakan pada tahun ini, merupakan kegiatan pertama dan akan ada rakor kedua pada akhir tahun untuk mengevaluasi kegiatan PID tahun 2018.

“Melalui kegiatan ini diharapkan para pelaku teknis secara umum, baik dari tingkat kabupaten, kecamatan dan tim, kampung, beserta pemerintah kampung, dan kelembagaan yang ada di kampung itu sendiri, melalui program pemerintah ini diharapkan dapat melakukan langkah-langkah sinergisitas program, dalam hal perencanaan kampung,” katanya.

Bupati juga menyebutkan, yang harus diterapkan dan menjadi komitmen bersama, diantaranya mendukung Program Inovasi Kampung (PID) dalam upaya mendukung Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), kemudian mendukung 4 program prioritas Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

“Pemerintah kampung diharapkan dapat berkomitmen dan mereplikasi salah satu atau lebih dari konsep kegiatan inovatif yang ditawarkan dalam kegiatan Bursa Inovasi Kampung nantinya, yang tentunya disesuaikan dengan potensi dan sumber daya yang ada di kampung dan akan dituangkan dalam kartu komitmen,”ujarnya.

Sehingga berdampak langsung terhadap pembangunan kampung dan pemberdayaan masyarakat, serta mengoptimalkan peran Tenaga Pendamping P3MD yang nantinya akan dibantu Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) masing -masing kecamatan.

“Dan menyentuh langsung kepada masyarakat, peningkatan ekonomi, pendidikan, infrastruktur, kesehatan, sosial serta lingkungan dan SDA di Aceh Singkil,” kata bupati.(tim/RM)

 

Editor : Maris