Bupati Bersama Wakil Bupati Resmi Membuka Jambore Gerakan Pramuka Cabang Labuhanbatu Tahun 2022

0
2
Foto bersama disela kegiatan.
Dijual Rumah

Labuhanbatu, buktipers.com – Diawali dengan upacara, Bupati Labuhanbatu, dr H.Erik Adtrada Ritonga, MKM, yang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Pramuka cabang Labuhanbatu, didampingi Wakil Bupati Labuhanbatu, Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd, MM, resmi membuka Jambore cabang Labuhanbatu tahun 2022, di bumi Perkemahan Jamcab Desa Janji, Kecamatan Bilah Barat, Kamis (26/5/2022), lalu.

Bupati Labuhanbatu mengatakan, pada hari ini merupakan kegiatan besar tingkat penggalang yaitu jambore cabang gerakan Pramuka Kwartir Cabang Labuhanbatu tahun 2022, yang pesertanya datang penuh kecerian dari gugus depan sejajaran Kwarcab Labuhanbatu dalam tingkatan adik-adik dari Penggalang.

Dengan bertemakan ceria santun dan berkarakter sungguh sangat tepat sebagai tujuan kita bersama sesuai usia penggalang calon pembaharu bangsa yang selalu bergembira, dengan harapan menjadi watak generasi muda kita yang sangat penting berkarakter sebagai kader bangsa sesuai amanat undang-undang nomor 12 tahun 2010 tentang gerakan, ucap Bupati.

Disebutkannya, Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap Pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga negara kesatuan Republik Indonesia.

Bupati mengajak seluruh instansi dan elemen masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan gerakan Pramuka dengan kerja keras, kerja cerdas sesuai amanat Pramuka.

“Saya selaku Ketua Majelis pembimbing mendukung sepenuhnya baik secara moril maupun materil untuk kegiatan-kegiatan pramuka sebab gerakan pramuka merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib di sekolah yang menjadi salah satu pilar pembangunan karakter generasi muda,”ujar dr. Erik.

Diakhir pidatonya, Bupati berpesan kepada seluruh peserta untuk menjalankan setiap kegiatan dengan gembira.

“Utamakan kesehatan beranjang sanalah penuh persaudaraan tunas kelapa. Dan kepada kakak kamabigus dan Pembina mari kita kawal penuh belas kasih dengan sistem among sebagai ciri khas gerakan Pramuka,”tutup Bupati.

Dalam laporannya, ketua panitia pelaksana, Asrol Azis Lubis, SE, MAP, menyampaikan, jambore cabang tahun 2022 Kabupaten Labuhanbatu ini merupakan pertemuan besar Pramuka penggalang yang ada di Kabupaten Labuhanbatu sebagai sarana kegiatan perkemahan besar Pramuka penggalang, serta sebagai sarana pembinaan yang menitikberatkan pada pengembangan diri peserta dalam bidang mental fisik intelektual spiritual dan sosial baik secara individu maupun kelompok.

Jambore tahun 2022 ini dilaksanakan selama 4 hari dimulai sejak tanggal 25 hingga 29 Mei 2022 dengan mengambil tema “ceria santun dan berkarakter dengan moto satyaku ku dharmakan dharmaku kubaktikan”, ujarnya.

Dijelaskan Kepala Dinas Pendidikan ini, dalam kegiatan jambore diisi dengan materi kepramukaan, gerakan Pramuka anti hoax, Pramuka sebagai penguat identitas bangsa, Pramuka anti narkoba,  vertikal rescue, manajemen posko pengungsian bencana pertolongan pertama pada gawat darurat, Pramuka peduli kurva bersih lingkungan budaya dan wisata, pentas seni kontingen ranting, festival kuliner Labuhanbatu, scouting skill dan Pramuka dewasa.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat melatih dan menggodok mental para generasi penerus bangsa sehingga terbentuklah karakter yang begitu kuat dan menjadi modal serta bekal untuk menghadapi tantangan ke depan yang akan semakin besar khususnya untuk membangun labuhanbatu di masa yang akan datang, sebut Asrol.

Disampaikan Asrol, jambore cabang adalah merupakan kegiatan pesta Pramuka penggalang se-Labuhanbatu yang tergabung dalam satu kontingen ranting gudep dan dipimpin oleh andalan ranting serta didampingi oleh masing-masing pembina pendamping regu dengan rincian peserta sebanyak 1.217 orang. Peserta Putri 500, Putra 604, Pembina Pendamping 113 orang, tutupnya.

 

(Syafii Harahap)