Bupati Lingga Resmikan Pembangunan Fasilitas Air Bersih di Singsel

0
1
Bupati Lingga meresmikan pembangunan sarana air bersih, di Desa Marok Kecil, Kecamatan Singkep Selatan, Kabupaten Lingga, Kepri, Sabtu (19/11/2021).
Dijual Rumah

Lingga, buktipers.com – Menyambut peringatan HUT Kabupaten Lingga Ke-18, Bupati Lingga bersama Ketua DPRD, OPD terkait dan rombongan lainnya, meresmikan pembangunan sarana air bersih, di Desa Marok Kecil, Kecamatan Singkep Selatan, Kabupaten Lingga, Kepri, Sabtu (19/11/2021).

Bupati Lingga, Muhammad Nizar dalam sambutannya mengatakan “Hadirnya sarana air bersih di Singkep Selatan khususnya di Desa Marok kecil pada saat ini, tentunya tidak terlepas dari jasa salah seorang tokoh masyarakat desa sini juga yakni bapak Idris yang sebelumnya telah sudi menghibahkan sebagian lahan miliknya untuk pembangunan sarana dan prasarana air bersih untuk kebutuhan masyarakat yang nantinya. Insa allah akan tersalurkan hingga ke pusat ibu kota Kecamatan Singkep Selatan”.

Bupati Lingga sekali lagi mengucapkan terima kasih kepada bapak Idris, karena berkar kerendahan hatinya, sehingga pembangunan sarana air bersih di Singkep Selatan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat bisa berjalan dengan baik dan pada hari ini sudah dapat dipergunakan sesuai harapan kita bersama.

“Selain itu saya mengucapkan terima kasih kepada Kadis, Kabid, Kasi dan para Stafnya PU-PR Kabupaten Lingga, karena tanpa usaha dan kerja keras mereka serta mendengarkan kata-kata pak mantan Bupati lingga yakni H. Alias Wello dan saya maka ketersediaan sarana air bersih untuk Desa Marok Kecil dan pada umumnya wilayah kecamatan Singkep Selatan belum tentu juga terwujud seperti sekarang ini,”ujar Muhammad Nizar.

Selanjutnya Muhammad Nizar juga mengatakan, sumber pengadaan air bersih Desa Marok Kecil dari anggaran Dana Alokasi Kusus (DAK) Tahun Anggaran 2021 melalui Dinas PU-PR Kabupaten Lingga dari Kementerian PU-PR yang nilainya Rp8,2 milyar.

Dengan jarak dari sumber mata air mengalir ke tanki penampungan dan sampai kerumah warga lebih kurang berjalan 16 km dan untuk wilayah Marok Kecil ini paling terpanjang aliran sumber air bersih nya se-Kabupaten Lingga. Dan Alhamdulillah segala upaya yang dilakukan hari ini berbuah manis dan kita sudah meresmikannya, katanya.

“Guna menjaga keberadaan sumber air bersih ini agar terus terjaga dalam segala hal kedepannya, maka saya berharap kepada pak camat, kades dan masyarakat agar bisa duduk bersama mendiskusikan agar segera menarik meterannya. Namun kapannya kita serahkan kepada mereka, apakah dikelola melalui BUMDES Desa atau melalui PDAM Kabupaten Lingga,”terangnya.

Muhammad Nizar menambahkan, untuk tahun 2022 nanti akan dilanjutkan ke Dusun 02 Remik Desa Marok Kecil dan insa allah pada tahun 2022 nanti sudah selesai.

Dan pembangunan jembatan penghubung desa ada dua di kecamatan singkep selatan yakni satu jembatan berada di Desa Resang dan satunya lagi yang berada di Desa Marok Kecil ini. Namun dari dua jembatan tersebut, kita dahulukan di Desa Marok Kecil ini dengan baku anggaran hingga tuntas sebesar 5 (lima) miliar, namun sistem pekerjaan nya bertahap dan tahap pertama tahun 2022 ini.

Pekerjaan jembatan penghubung kita anggarkan sebesar Rp1,5 (satu setengah) miliar dan insa allah dikerjakan sebanyak dua tahap hingga tuntas, tutup Muhammad Nizar.

Mewakili seluruh masyarakat, Kepala Desa Rusli, perwakilan Tokoh Masyarakat Idris, dan Camat Singkep Selatan, Sabirin S.IP mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas PU-PR-nya, atas terlealisasinya sumber sarana air bersih untuk kebutuhan warga Desa Marok Kecil khususnya dan Kecamatan Singkep Selatan pada umumnya.

Hadir pada kegiatan acara tersebut, Bupati Lingga Muhammad Nizar S.Sos, Ketua DPRD Lingga Muhammad Nashirudin, dan Wakil Ketua Komisi lll DPRD Lingga Januar, Plt. Kepala Dinas (Kadis) PU-PR beserta jajaran, Kadis Kabupaten Lingga Selamat, Camat Singkep Selatan Sabirin SIP beserta jajaran, Kabag Hukum Pemkab Lingga.

Selain itu hadir juga Ketua PKK Kabupaten Lingga Maratusholiha beserta anggota, Ketua HSNI Kabupaten Lingga Ruslan, Kepala Desa Resang Hanapi, Kepala Desa Marok Kecil Rusdi beserta jajaran, Ketua BPD Desa Marok Kecil beserta anggota, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan turut hadir juga para Mahasiswa dari Universitas STEI Bengkalis yang sedang melakukan aktivitas KKM di Desa Resang, Kecamatan Singkep Selatan, dan para tamu undangan lainnya termasuk perwakilan warga masyarakat Desa Marok Kecil.

 

(R / DL)