Bupati Lingga Selamatkan Lima Awak Kapal Bermuatan Ilegal Logging Tenggelam

0
519
Bupati Lingga foto bersama lima korban tenggelam yang dievakuasi. (Foto/Zulkarnaen)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Lingga (Kepri)

Bupati Lingga, H Alias Wello, menyelamatkan lima orang warga Desa Pulau Medang, Kecamatan Katang Bidare terapung di laut.

Dijelaskan dalam lansiran pemberitaan sebelumnya, ketika melintas di perairan laut Pulau Seragas, menggunakan speed boat Dinas PU Lingga, rombongan Bupati melihat lima orang terapung di laut dan langsung melakukan pertolongan (evakuasi) dan ternyata kelima korban yang diselamatkan adalah warga Desa Pulau Medang, Kecamatan Katang Bidare, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri).

Dan sebelumnya dikabarkan, kelima warga yang diselamatkan pada Selasa (2/7) pagi mengaku kesehariannya bekerja sebagai nelayan yang kapal motornya sudah lebih kurang 9 jam tenggelam dan mengapung di laut.

Mirisnya, saat dikonfirmasi melalui telpon seluler, Selasa (2/7), sekitar pukul 11.15 WIB, Rusli selaku Kepala Desa Pulau Medang, Kecamatan Katang Bidare menyebutkan, “lima korban yang dievakuasi pak Bupati yang mengaku sebagai nelayan, bukanlah warga yang bekerja sebagai nelayan, tetapi lima korban yang tenggelam tersebut sedang mengangkut bahan ilegal logging”.

Bupati Lingga usai mengevakuasi lima korban di speed boat Dinas PU Lingga. (Foto/Zulkarnaen)

“Kelima korban yang dievakuasi pak Bupati itu, sebenarnya bukan sedang beraktivitas sebagai nelayan, mereka adalah anak buah kapal kayu yang sedang mengangkut bahan baku ilegal logging tujuan Cakang – Batam,”ujar narasumber terpercaya, berinisial RI, warga Desa Pulau Medang kepada saya, ucap Agus Ramdah, wakil ketua LAMI Provinsi Kepulauan Riau Kepri.

Masih katanya Agus Ramdah, mereka yang tenggelam, kelimanya warga Desa Pulau Medang, mau berangkat ke-Cakang – Batam, menggunakan Kapal Kayu Kisaran GT.5, bermuatan ilegal logging yang hingga berita ini diunggah, Kapal Kayu yang digunakan belum ditemukan, tutupnya.

Berikut terlansir nama korban yang terapung selama lebih kurang 9 jam dan diselamatkan rombongan Bupati Lingga, yaitu Jon (24), warga Pulau Medang, Kecamatan Katang Bidare, Afis (35), warga Pancur, Kecamatan Lingga Utara, Agus (39), warga Batam, Agil (21), warga Pulau Medang, Kecamatan Katang Bidare, dan Ijal (20), warga Pulau Medang, Kecamatan Katang Bidare.

 

(Zulkarnaen)