Bupati Sampaikan Kondisi Wisata di Sergai pada Tim Komisi X DPR RI

0
248
Komisi X DPR RI kunker ke Kabupaten Sergai, Kamis (17/1/2019), di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati, di Sei Rampah.
Dijual Rumah

Buktipers.com – Sergai (Sumut)

Komisi X DPR RI kunker ke Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Kamis (17/1/2019), di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati, di Sei Rampah.

Tampak hadir Bupati, Ir H Soekirman, Wabup, H Darma Wijaya, Anggota Komisi X DPR RI, Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Regional I Kemenpar, Ahmad Lokot Siregar, Sekdakab, Drs Hadi Winarno MM, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD serta para undangan.

Ketua rombongan Tim Komisi X DPR RI, Sofyan Tan, menyampaikan apresiasi dan kehormatan atas penyambutan dari Pemkab Sergai, dalam kunjungan kerja hari ini.

Total ada 12 orang anggota DPR RI Komisi X yang hadir pada kunjungan kerja ini, spesifik bidang pariwisata pada masa persidangan III Tahun 2018-2019 yang bertujuan menggali dan menyerap aspirasi serta kepentingan pemerintah daerah dan lainnya, terutama hal insfratruktur dan sarana pendukung pengembangan pariwisata.

Komisi X DPR RI sendiri membidangi pendidikan, olahraga dan sejarah, dimana didalamnya terdapat beberapa kementerian, yaitu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Perpustakaan Nasional, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Bidang Pendidikan Tinggi) serta Badan Ekonomi Kreatif.

Pada tahun 2019, Kemenpar telah menetapkan target peningkatan devisa negara 20 kunjungan, dan untuk Sumut sendiri, terdapat 1 juta kunjungan wisatawan sebagai targetnya.

“Pariwisata merupakan bidang strategis yang menjadi salah satu kunci peningkatan perekonomian masyarakat. Saat ini Indonesia menempati posisi terbaik di Asia Tenggara dalam hal pengembangan pariwisata, dan 10 besar di Asia,”katanya.

Trend positif kunjungan wisatawan mancanegara meningkat 20 persen dibandingkan tahun sebelumnya dengan data per Januari-Agustus 2018 telah terdapat 10 juta lebih wisatawan mengunjungi Indonesia.

Kondisi tersebut adalah hal yang menggembirakan, sekaligus tantangan Pemerintah melalui Kemenpar, khususnya di Kabupaten Sergai yang memiliki destinasi wisata yang sangat potensial, seperti potensi wisata bahari, wisata alam dan wisata budaya untuk dikelola dengan profesional dan maksimal.

Tim rombongan ingin mendapatkan gambaran umum terkait perkembangan pariwisata di Sergai, misalnya dampak bencana alam yang terjadi di wilayah lain, seperti Lombok, Palu, Selat Sunda serta daerah lainnya terhadap pariwisata di Sergai. Kemudian regulasi yang mempengaruhi serta kendala yang dihadapi maupun strategi pemerintah daerah dalam meningkatkan potensi pariwisata yang dimiliki.

Kesemuanya agar dapat kami analisis untuk mengetahui kendala serta faktor pendukung apa yang tepat dialokasikan guna pengembangan pariwisata dan potensi budaya di Kabupaten Sergai.

Bupati Sergai, Soekirman dalam sambutannya, mengucapkan selamat datang dan kehormatan atas kehadiran Tim Komisi X DPR RI ke Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini.

Disampaikan Bupati ,tentang potensi dan sumber daya yang dimiliki Kabupaten Sergai, termasuk jumlah penduduk dan luas daerah, adat budaya, pertumbuhan ekonomi, IPM, PDRB yang mengandalkan pertanian tanaman pangan, serta penghargaan-penghargaan yang diraih.

Atas nama masyarakat Sergai berterima kasih atas pembangunan dari pemerintah pusat berupa akses jalan tol yang terdiri dari 4 (empat) gerbang tol yang berada di wilayah Kabupaten Sergai, sementara didaerah lain tidak sebanyak itu. Dengan keistimewaan tersebut hendaknya akan dapat dimanfaatkan guna pengembangan perekonomian masyarakat.

Berharap melalui Konsep pengembangan Pataya (Pangan, Pariwisata dan Budaya) yang menjadi andalan dari pemerintah daerah mulai tahun ini akan mendapatkan dukungan penuh Pemerintah melalui para anggota DPR RI hari ini, sehingga dengan pengalokasian APBN nantinya Kabupaten ini akan semakin berkembang dan dikenal akan keunggulan pangan, pariwisata dan budaya yang dimilikinya.

Anggota DPR-RI, Ir H Nuroji dan Ir Sri Meliana, atas nama tim menyampaikan apresiasi khusus kepada Bupati Sergai terkait dengan kesiapan dan komitmen kepala daerah atas pengembangan potensi pariwisata. Hal tersebut yang paling utama, karena tanpa komitmen kepala daerah, apa yang kita programkan tidak akan dapat tercapai selain pengalokasian anggaran dan perencanaan program.

Disini juga disampaikan usul, bahwa keunikan wilayah yang menjadi daya tarik yang kuat dari suatu daerah, untuk itu agar lebih dikonsentrasikan pengembangan pada satu sektor tertentu saja, namun menjadi unggulan sehingga dapat menarik minat wisatawan.

Kemudian Sergai harus punya ikon pemasaran pariwisata semacam jargon serta anggaran yang ditopang oleh semua pihak mulai dari APBN, APBD serta bantuan pihak swasta.

Acara diisi dengan pemaparan pengembangan potensi wisata Serdang Bedagai oleh Kepala Bappeda, Ir Hj Prihatinah serta dilanjut dengan sharing session. (ML.hrp/Rls)