Beranda Parawisata Bupati Simalungun Apresiasi Poldasu Lake Toba Fiesta 2019, Khususnya Perhatian Kapoldasu ke...

Bupati Simalungun Apresiasi Poldasu Lake Toba Fiesta 2019, Khususnya Perhatian Kapoldasu ke Parapat

77
0
Kapolda Sumatera Utara (Kapoldasu), Irjen Pol Agus Andrianto SH MH, dan Bupati Simalungun, Dr JR Saragih di acara pembukaan Poldasu Lake Toba Fiesta 2019, Sabtu (12/10/2019), di Parapat, Kabupaten Simalungun.

Simalungun, buktipers.com – Bupati Simalungun Dr Jopinus Ramli (JR) Saragih, bersama jajarannya, sangat mengapresiasi pelaksanaan Poldasu Lake Toba Fiesta 2019, terutama perhatian Kapolda Sumatera Utara (Kapoldasu), Irjen Pol Agus Andrianto SH MH, terhadap kota wisata Parapat.

Hal itu disampaikan JR Saragih saat pembukaan Poldasu Lake Toba Fiesta 2019 yang juga dihadiri Wakapolda Sumut, Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, serta pejabat utama Poldasu, Kepala Daerah kawasan Danau Toba, diantaranya, Bupati Taput, Nikson Nababan, Wakil Bupati Simalungun, H.Amran Sinaga, dan tampak juga, Dirpol Airud, Kombes Pol Yosi, Wadir Polairud, AKBP Untung, Kopolres Toba Samosir, AKBP Agus Waluyo, Danrem 022 Pantai Timur, Kolonel Inf R Wahyu Sugiarto, Dandim 0207/Simalungun, Letkol Inf Frans Kishin Panjaitan, Danyonif 122 Tombak Sakti, Letkol Inf Ahmad Aziz, Ketua DPRD Simalungun, Timbul Sibarani, serta pimpinan dan ASN Pemkab Simalungun, tokoh-tokoh agama serta ribuan masyarakat seputaran Danau Toba.

JR Saragih masih dalam sambutanya mengatakan “hari ini kita telah menyaksikan bersama – sama tidak kurang dari sepuluh ribu masyarakat se-kawasan Danau Toba hadir di kota wisata Parapat ini untuk menyaksikan secara langsung kegiatan yang digagasi Kapolda Sumatera Utara ini. Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Simalungun serta masyarakat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, mengucapkan terima Kasih kepada Bapak Kapolda, karena telah memperhatikan Kabupaten Simalungun, khusussnya kota wisata Parapat ini,”kata Bupati mengapresiasi.

Baca Juga!  PT Bumi Karsa, TPL, dan Polisi, Atasi Longsor Jembatan Sidua – dua

Bupati Simalungun juga menyampaikan, bahwa Kapolda ini adalah bagian dari masyarakat Kecamatan Girsang Siapngan Bolon, karena pernah tinggal di Parapat.

“Apalagi tadi, ketika Bapak Kapolda beserta ibu turun dari mobil, masyarakat yang pernah bersama-sama tinggal di kota wisata ini sewaktu beliau menjabat Kapolsek di tempat ini, semua langsung tersenyum-senyum melihat kedatangan Pak Kapolda,”ucap Bupati.

“Kami masyarakat Simalungun mengharapkan dan mendoakan agar Bapak cepat meninggalkan Polda Sumatera Utara dan naik lagi bintangnya agar lebih memperhatikan kota wisata Parapat ini, khususnya kabupaten Simalungun agar masyarakat yang tinggal di Simalungun tersenyum, dikarenakan hotel-hotel akan penuh semua dan pedagang-pedagang semua akan tersenyum dan bergembira. Artinya, kalau ada kegiatan yang besar, pastinya perekonomian masyarakat akan sangat dirasakan. Jadi tidak perlu dengan banyak bicara, tapi ekonomi mereka akan naik dengan adanya kegiatan besar. Minimal, besok mau sekolah anaknya tidak pusing lagi mencari biaya untuk membayar uang sekolah. Untuk itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Simalungun, kami mengucapkan terima kasih atas keseriusan Bapak Kapolda Sumatera Utara untuk meningkatkan pariwisata di Kabupaten Simalungun ini,”papar JR Saragih.

Baca Juga!  Aneh, Perusahaan Besar Tak Memiliki Izin APU dan B3 Tetap Beroperasi di Perairan Danau Toba

Sementara itu, Kapoldasu, Irjen Pol Agus Andrianto mengatakan, bahwa pembangunan dan pengembangan wisata Danau Toba, merupakan program prioritas pemerintah pusat. Polda Sumut berinisiasi untuk mendukung dan mendorong pemerintah daerah di seputaran kawasan Danau Toba untuk mengembangkan pariwisata melalui kegiatan seperti ini, katanya.

Agus menambahkan, untuk kegiatan tahun ini, even Poldasu Toba Lake Fiesta, sangat luar biasa. Kegiatan ini sekaligus menyambut penetapan Danau Toba sebagai super prioritas dalam pengembangan dan pembangunan pariwisata oleh pemerintah pusat.

“Danau Toba salah satu destinasi unggulan di Indonesia. Oleh karena itu, kita harus menyambut dengan menyelenggarakan even-even yang selaras dengan program pemerintah,”katanya.

Agus menyampaikan, dengan diadakannya Poldasu Toba Lake Fiesta, tentu berpengaruh kepada banyak sektor. Salah satunya pergerakan ekonomi, khususnya pedagang hingga perhotelan. Untuk itu, ini menjadi tugas dari kita sekalian, khususnya pemerintah daerah, dalam upaya mensejahterakan masyarakat, ujar Agus Andrianto.

Baca Juga!  Kapolres Siantar Sambangi Batalyon 122/TS, Saksikan Latihan Bela Diri Yongmodo  

Ditempat yang sama, Kapolres Simalungun, AKBP Heribertus Ompusunggu dalam laporannya, sekaligus sambutannya, memuji keteladanan yang diberikan Kapoldasu, sejak menjabat sebagai Kapoldasu. “Anak buah yang hebat karena dipimpin komandan yang hebat, terimakasih atas kepercayaannya kepada Polres Simalungun untuk menyelenggarakan even Poldasu Lake Toba Fiesta 2019 ini,” ujar Heribertus.

Terkait penyelenggaraan, lanjutnya, “Sebagai panitia, kami hanya memiliki waktu 18 hari mendesain dan mempersiapkan seluruh rangkaian acara ini. Kamipun menggunakan 40 orang tim kreatif dan 100 personil Polres Simalungun, tanpa bantuan event organizer,” ujarnya.

Tujuan diadakannya even ini, untuk mengeksplor kebudayaan dan tradisi yang ada di wilayah sekitar Danau Toba.

“Perlombaan kapal hias bertemakan nusantara diikuti 22 kapal, lomba solu bolon sebanyak 14 group, lomba renang Danau Toba diikuti 110 orang, lomba masak makanan tradisional diikuti 21 peserta dari seluruh kawasan Danau Toba dan 10 eksebisi, solu marsada-sada diikuti 61 peserta dan 5 jet ski eksebisi yang dilakukan pemain-pemain profesional, dan penaburan benih ikan sebanyak 25.000,”ucap Kapolres.

(Stg)

 

Loading...