Bupati Tapanuli Tengah Ditetapkan Sebagai Kepala Daerah Inovatif 2018

0
667
Dijual Rumah

Buktipers.com-Tapteng (Sumut),

Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Bakhtiar Ahmad Sibarani ditetapkan sebagai salah satu Kepala Daerah Inovatif (KDI) Tahun 2018 dengan kategori Infrastruktur dan Pembangunan oleh Koran Sindo di Anjungan City Pantai Losari Kota Makassar, Provinsi Sumatera Selatan, Kamis malam (30/08/2018). KDI 2018 ini untuk pertama kali digelar oleh Koran Sindo pada venue outdoor, sebelumnya dilaksanakan pada venue indoor.

Penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) kategori infrastruktur dan pembangunan ini diberikan kepada para Kepala Daerah Inovatif seluruh Indonesia yang memiliki keberanian dalam memberikan dorongan untuk membenahi Infrastruktur dan pembangunan, dengan situasi kompleksitas sangat tinggi saat ini yang berani mengeluarkan terobosan untuk daerahnya masing – masing. Inovasi yang digulirkan harus berdampak kepada kemajuan daerahnya dan bermanfaat bagi masyarakat.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) sekaligus Pj. Gubernur Sulawesi Selatan Dr. Soni Sumarsono MDM menyerahkan langsung penghargaan ini kepada Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tapanuli Tengah Ir. Nanang Eka Sumantri, mewakili Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Soni Sumarsono dalam sambutannya mengatakan kepada para Kepala Daerah untuk berinovasi tidak perlu ragu dan tidak perlu khawatir. Perlakuan Pemerintah seharusnya akan mampu dan senantiasa membedakan antara aktivitas rutin dan aktivitas yang sifatnya inovatif. Soni Sumarsono menyebutkan adanya Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah untuk melindungi semua Kepala Daerah agar berinovasi.

Sementara itu, Plt. Kadis PUPR Ir. Nanang Eka Sumantri menyebutkan bahwa Bupati Tapteng Bapak Bakhtiar Ahmad Sibarani mendapatkan penghargaan Kepala Daerah Inovatif Tingkat Nasional Tahun 2018 atas penilaian dari Koran Sindo pada profesi Eksekutif bidang Infrastruktur dan bidang Pembangunan.

“Kabupaten Tapanuli Tengah diapresiasi menyimpan jejak sejarah yang sangat berharga khususnya di Barus, tempat Islam pertama kali masuk ke Nusantara dimana berbagai infrastrukturnya sedang dibangun agar dapat menjadi destinasi pariwisata yang berdaya saing hingga ke manca negara. Kabupaten Tapanuli Tengah juga merupakan daerah yang begitu luas untuk cakupan pembangunan infrastruktur, yang saat ini sedang dikerjakan percepatan pembangunannya, seperti jalan, jembatan, kantor Pemerintahan, Rumah Sakit Rujukan di kawasan Pantai Barat Sumatera Utara, pembangunan Rumah Ibadah, sarana dan prasarana pendidikan, dan infrastruktur lainnya. Semuanya saat ini sedang tahap proses pembangunan,” kata Plt. Kadis (Job Purba)