Beranda Sumut Bupati Tobasa dan Direktur BPODT Datangi Polda Sumut, Ini Penjelasan Kapolda

Bupati Tobasa dan Direktur BPODT Datangi Polda Sumut, Ini Penjelasan Kapolda

462
0
Bupati Tobasa, Darwin Siagian. (Net)
Loading...

Medan, buktipers.com – Dua pejabat yakni Direktur Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo dan Bupati Tobasa Darwin Siagian mendatangi Polda Sumut, Senin (12/8/2019).

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto ketika dikonfirmasi melalui whatssApp mengatakan, kedatangan Arie Prasetyo itu terkait lahan di Kabupaten Tobasa yang masih bersengketa dengan masyarakat.

“Masyarakat memiliki kekuatan keputusan pengadilan sampai dengan tingkat PK (Peninjauan Kembali),” katanya, Selasa (13/8/2019) seraya menyatakan lahan yang bersengketa itu masuk kawasan hutan.

Menurut Kehutanan, akunya, itu masuk kawasan hutan. Sementara masyarakat memiliki keputusan pengadilan atas sengketa tanah adat (menurut sengketa yang di sidangkan di pengadilan).

Jadi, sambung pria dengan bintang dua dipundaknya ini, hasil pertemuan dengan Direktur Otorita Danau Toba Arie Prasetyo dan Bupati Tobasa Darwin Siagian yaitu agar lahan tersebut dikembalikan ke kehutanan.

Baca Juga!  Viral Siswa SMK di Medan Ngamuk Saat Ditilang Polisi, Begini Ceritanya

“Kembalikan ke Kehutanan yang punya kewajiban penyerahan lahan,” ujarnya.

Kapolda Sumut sendiri menegaskan dalam pertemuan itu tidak ada membahas perusahaan-perusahaan yang diduga merusak Danau Toba. “Tidak,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Otorita Danau Toba Arie Prasetyo mengaku kalau kedatangannya ke Polda Sumut hanya sekedar silahturahmi.

“Silaturahmi saja, silahturahmi pascakunjungan presiden, salah satunya rencana penyelenggaraan event sepeda di Samosir akhir Agustus,” akunya.

Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Toba Samosir Murphy Sitorus mengatakan pihaknya tidak mengetahui secara pasti kedatangan Bupati Tobasa ke Polda Sumut.

“Mungkin terkait masalah Sibisa lahannya BODT karena itu yang sedang kami bahas,” ujarnya melalui seberang telpon, Selasa (13/8/2019).

Tapi, katanya, apa maksud dan tujuan Bupati Tobasa secara pasti ke Polda Sumut, dirinya mengaku kurang tahu.

Baca Juga!  OTT ASN Pemko Binjai, Humas Bantah Penggeledahan Berkas di Ruang Wali Kota

“Saya kurang tahu. Gak monitor saya kedatangan pimpinan ke Polda Sumut,”katanya.

Ditanya mengenai apakah kedatangan Bupati Tobasa terkait keramba yang disuruh Presiden untuk membersihkan, kurang tahulah. “Tidak bisa kita tahulah,” ujarnya.

Dipertegas mengenai masalah Sibisa, Murphy mengaku itulah yang sedang dibahas bersama pihak kepolisian.

“Kasus ini masih ditangani Polres. Mungkin mereka perlu sounding ke sana (Polda),” katanya.

Seperti diketahui, Bupati Tobasa Darwin Siagian mendatangi Polda Sumut pada Senin (12/8/2019) sekitar pukul 11.00 WIB.

Orang nomor satu ini datang bersama dua ajudannya. Belum diketahui maksud dan tujuan kedatangan orang nomor satu ke Polda Sumut.

 

Sumber : tribunnews.com

Loading...