Bupati Tubaba Diminta Adakan Seleksi Terbuka Atas Pengisian Jabatan Sekda

0
165
Surat terbuka kepada Gubernur Lampung.
Dijual Rumah

Lampung, buktipers.com – Menanggapi wacana akan diperpanjangnya masa jabatan Herwan Sahri, sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Tulangbawang Barat (Sekdakab Tubaba), beberapa tokoh setempat, surati Gubernur Lampung.

Tujuan dari surat terbuka dan pernyataan sikap tersebut, meminta Gubernur Lampung agar Bupati Tubaba untuk melakukan seleksi terbuka atas jabatan PPT Pratama Sekdakab setempat.

Surat yang dibuat, pada tanggal 4 Juni 2020 dan ditandatangani oleh Tokoh Adat, Tokoh Pemekaran Daerah, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Tokoh Pemuda itu, ditujukan langsung kepada Gubernur Lampung, yang ditembuskan ke Menteri Dalam Negeri, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Komisi ASN, Bupati Tubaba dan Komisi 1 DPRD Tubaba.

Melalui Sodri Helmi, SH MH, beberapa tokoh yang menandatangani surat tersebut menuturkan, dasar pemikiran dari surat terbuka dan pernyataan sikap ini, berkaitan dengan UU ASN No. 5 Tahun 2014 yang substansinya adalah terselenggaranya manajemen ASN yang berdasarkan kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar dengan tanpa membedakan latar belakang politik, RAS, warna kulit, agama, asal-usul, jenis kelamin, status penikahan, umum atau kondisi kecacatan. Oleh karena itu, pengembangan karir ASN dilakukan dengan mempertimbangkan integritas dan moralitas, katanya.

“Berpijak dari pemikiran tersebut, bahwa setiap PNS yang memenuhi syarat mempunyai hak yang sama untuk dipromosikan ke jenjang jabatan yang lebih tinggi, itulah sesungguhnya makna dari jabatan karir,”tutur Sodri Helmi, pada Senin, 8 Juni 2020 siang lalu, di salah satu Sekretariat Organisasi Pers Tubaba.

Sambung Sodri Helmi, melalui Gubernur Lampung, beberapa tokoh yang ada di Kabupaten Ragem Sai Mangi Wawai (Tubaba), meminta Bupati Tubaba agar dapat melaksanakan Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten setempat.

Dan juga seleksi terbuka Kepala Dinas / OPD yang saat ini dilaksanakan oleh Pelaksana Tugas Kepala Dinas, seperti Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dan Kepala Dinas Perikanan.

“Seleksi terbuka ini tentu akan mendapatkan pejabat yang benar-benar memiliki kualifikasi, kompetensi sesuai dengan kebutuhan instansi Pemerintah, sehingga dapat bersinergi melaksanakan visi dan misi pembangunan di Kabupaten Tubaba menjadi kabupaten yang berdaya saing, terdepan, optimis dan pasti maju (TOP),”ucapnya.

Kabupaten Tubaba yang pernah mengusung tema pada beberapa momentum kegiatan, bahwa menuju kabupaten yang berdaya saing, maka sudah sepantasnya benar-benar mewujudkan daya saing sesuai kompetensinya secara terbuka, bukan karena daftar urut kedekatan, sindir Sodri Helmi, sembari tersenyum.

(Jun)