Buruh Tewas Tergiling Mesin Tebu, Ini Kata PTPN VII Lampung Utara

0
5
Polisi melakukan olah TKP di lokasi tewasnya buruh yang tewas tergiling di mesin penggiling tebu di Lampung Utara (Jimi Irawan/MNC Portal)
Dijual Rumah

Lampung Utara, buktipers.com – Seorang buruh bernama Sobari (40) asal Lampung Utara, tewas tergiling mesin penggiling tebu. Pihak PTPN VII Bungamayang tempat korban bekerja, buka suara atas insiden tersebut.

Kepala Bagian SDM dan Umum PTPN VII Bungamayang Irvan Irawan mengatakan, jenazah Sobari telah dikebumikan di pemakaman umum pada Minggu (4/12/2022).

“Korban merupakan pekerja borongan di bawah naungan pihak ketiga dari PT Swadarma Utama Prima (SUP),” kata Irvan Irawan, Selasa (6/12/2022).

Dia menambahkan, meski begitu pihak PTPN VII Bungamayang tetap memberikan santunan sebagai bentuk rasa kepedulian dari pihak perusahaan milik negara itu kepada korban.

“Almarhum sebenarnya bekerja dibawah naungan pihak vendor. Pihak ketigalah yang semestinya memiliki andil untuk bertanggungjawab kepada korban,” katanya. Dia menyebut, tewasnya Sobiri merupakan insiden kecelakaan.

“Ini adalah murni kecelakaan kerja. Tapi, kami dari pihak PTPN VII Bungamayang tetap memberikan kepedulian kepada almarhum dan keluarganya,” kata Irvan. Paska peristiwa itu pihaknya menghentikan sementara produksi giling tebu sampai batas waktu yang belum ditentukan.

“Bentuk rasa duka dan belasungkawa kami juga menghentikan sementara produksi giling tebu di perusahaan ini,” kata dia.

Sementara itu, pihak keluarga menyayangkan kepada pihak vendor tempat Sobri bernaung tidak memfasilitasi peralatan keamanan kerja.

“Pihak perusahaan sudah memberikan perhatian atas musibah yang menimpa keluarga kami. Tapi, kami menyayangkan jika pihak vendor dari perusahaan sebelumnya tidak memfasilitasi peralatan keamanan kerja, seperti helm, sepatu, dan lainnya,” kata Fauzi kakak ipar korban.

Fauzi menambahkan sekitar lima tahun lalu kasus serupa pernah terjadi di tempat yang sama. Seorang buruh tergiling mesin pengolahan tebu hingga tubuhnya hancur.

 

Sumber : iNews.id