Calon KPPS Diseleksi di Pinangsori, Ini Syarat yang Harus Dimiliki

0
209
Tampak antusias warga mengikuti seleksi calon KPPS di Pinangsori. (Foto/Job Purba)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Tapteng (Sumut)

Pantia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pinangsori, mengadakan supervisi perekrutan calon Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), yang dilaksanakan Pantia Pemungutan Suara (PPS), di seluruh desa dan kelurahan, di kecamatan Pinangsori, kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

Sebanyak 448 anggota KPPS akan bertugas di 64 TPS.

Setiap TPS membutuhkan tujuh KPPS. Perekrutan KPPS dalam Pemilu kali ini, direkrut secara terbuka. Artinya, KPPS tidak lagi berdasarkan rekomendasi lurah atau tokoh masyarakat, melainkan mereka mendaftar kepada PPS dan dilakukan pengujian teori dan wawancara mendalam, tentang motivasi dan kemampuan mengelola kepemiluan.

Ketua PPK Pinangsori, Denny Sanjaya, memberitahu syarat menjadi KPPS.

“Untuk menjadi anggota KPPS harus memiliki integritas, kapasitas kompetensi, kemandirian, jujur dan adil. Juga tidak menjadi anggota parpol, paling kurang dalam lima tahun terkhir, dan belum pernah dua periode menjadi anggota KPPS,”jelasnya, Kamis (21/3/2019), di Pinangsori.

Persyaratan lain, lanjutnya, calon anggota KPPS adalah berusia paling kurang 17 tahun, pendidikan SMA atau sederajat, sehat jasmani dan rohani.

Termasuk tidak pernah dijatuhi hukuman pidana yang berkekuatan hukum tetap, dengan ancaman paling rendah lima tahun, tambahnya.

Amatan buktipers.com, ratusan warga baik tua dan muda, tampak mengikuti tes wawancara, di Kantor Lurah Pinangsori. Di kelurahan ini, terdapat 20 TPS dan dibutuhkan sebanyak 140 orang petugas TPS nantinya.

Ketua PPS Kelurahan Pinangsori, Saruddin Tarihoran, menjelaskan, bahwa saat ini mereka melakukan seleksi wawancara bagi pelamar Petugas TPS yang lolos administrasi.

“Iya, saat ini di kelurahan Pinangsori. Kita ada lolos seleksi administrasi sebanyak 197 orang, dan nanti yang akan kita ambil 140 orang untuk 20 TPS,”katanya.

(Job Purba)