Calon Perseorangan Pilwalkot Medan Harus Didukung Minimal 104.954 Orang di 11 Kecamatan

0
161
Komisioner dan Sekretariat KPU Kota Medan saat rapat pleno penetapan syarat dukungan bagi calon perseorangan di Kantor KPU Kota Medan, Jalan Kejaksaan Medan, Sabtu (26/10/2019). (Foto: Istimewa)
Dijual Rumah

Medan, buktipers.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan menetapkan syarat bagi pasangan calon perseorangan peserta Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Medan 2020 yang harus mendapat jumlah dukungan minimal dari 104.954 jiwa. Jumlah ini juga mesti tersebar sedikitnya di 11 kecamatan.

“Kami sudah menetapkan syarat jumlah dukungan dan sebaran minimal untuk calon perseorangan ini pada Sabtu (26/10) lalu melalui Surat Keputusan KPU Kota Medan No 402/PL.02.2-Kpt/1271/KPU-Kot/X/2019,” kata Ketua KPU Kota Medan Agussyah Ramadani Damanik di Medan, Senin (28/10/2019).

Agussyah mengatakan, sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada, Pasal 41 Ayat 2 Huruf d disebutkan, kabupaten/kota dengan jumlah penduduk yang termuat pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) lebih dari 1 juta jiwa, maka pasangan calon perseorangan harus didukung paling sedikit 6,5 persen.

“Seperti diketahui, Kota Medan dalam DPT terakhir di Pemilu 2019 memiliki jumlah DPT 1.614.673. Maka, 6,5 persen dari jumlah DPT Kota Medan sebanyak 104.954 jiwa untuk syarat minimal dukungan calon perseorangan,” kata Agussyah.

Sementara untuk sebaran dukungan diatur pada Pasal 41, Ayat 2 Huruf e. Isinya menyebutkan, jumlah dukungan sebagaimana dimaksud harus tersebar di lebih dari 50 persen jumlah kecamatan di kabupaten/kota. “Seperti diketahui bersama, di Kota Medan ada 21 kecamatan. Dengan demikian, sebaran di lebih dari 50 lebih jumlah total kecamatan adalah 11 kecamatan,” ujarnya.

KPU RI juga sudah mengeluarkan Surat Edaran No 2096/PL.02.4-SD/01/KPU/X/2019 tertanggal 22 Oktober 2019 tentang pasangan calon perseorangan. Di dalam surat tersebut tertera contoh formulir Model B.1-KWK Perseorangan, yakni surat pernyataan dukungan masyarakat terhadap pasangan calon perseorangan dalam Pilwalkot tahun 2020.

Setiap warga Kota Medan yang akan memberikan dukungannya kepada pasangan calon perseorangan wajib mengisi dan menandatangani formulir Model B.1-KWK Perseorangan. Dalam formulir tersebut ada kolom di kiri atas sebagai tempat untuk menempelkan fotokopi KTP Elektronik.

Masyarakat yang ingin mendapatkan informasi terkait tahapan dukungan calon perseorangan dapat mengunjungi langsung Kantor KPU Medan, Jalan Kejaksaan Nomor 37, Medan Petisah.

KPU Kota Medan membuka help desk selama jam kerja untuk melayani informasi seputar tahapan dan jadwal kegiatan. Selain itu, masyarakt juga dapat juga mengunjungi website www.kpud-medankota.go.id untuk mendapatkan contoh formulir dukungan calon perseorangan.

Anggota KPU Medan Divisi Teknis Penyelenggara M Rinaldi Khair menambahkan, sesuai Peraturan KPU No 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan pada Pasal 95, dukungan kepada calon perseorangan dibatasi tidak boleh dari unsur anggota TNI dan Polri, Pegawai Negeri Sipil (PNS), penyelenggara Pemilu baik dari KPU maupun Bawaslu, beserta jajaran di bawahnya, kepala desa atau sebutan lain, serta perangkat desa atau sebutan lain. Jika ditemukan, maka akan dianggap dukungan tersebut tidak memenuhi syarat.

“Kami masih memakai Peraturan KPU yang sebelumnya, Nomor 3 Tahun 2017. Dalam waktu dekat akan keluar Peraturan KPU terkait Pencalonan. Kalau nanti ada perubahan, kami akan segera sampaikan kepada publik,” ujar Rinaldi.

 

Sumber : iNews.id