Cara Cek Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Bagi yang Belum dapat BLT

0
5
Ilustrasi BPJS Ketenagakerjaan. (Net)

Jakarta, buktipers.com – Bantuan Rp 600 ribu dari pemerintah sangat dinanti-nanti para pekerja non ASN dan BUMN yang menerima gaji kurang dari Rp 5 juta. Pemerintah telah menyalurkan bantuan tersebut diawali pada Kamis (27/8/2020). Uang tersebut langsung ditransfer ke rekening para pekerja.

Hingga saat ini pemerintah telah menerima 14 juta dari total target 15,7 juta rekening pekerja yang akan mendapatkan bantuan Rp 600 ribu. Pemerintah berharap perusahaan pemberi kerja segera menyampaikan nomor rekening pekerja sehingga bisa dikonfirmasi secepatnya.

“Kami mendorong pemberi kerja menyampaikan nomor rekening hingga 31 Agustus 2020,” kata Deputi Direktur Bidang Humas dan Antar Lembaga BP Jamsostek Irvansyah Utoh Banja pada Minggu (30/8/2020).

Bila nomor rekening sudah didaftarkan kepada BPJS Ketenagakerjaan, maka pekerja hanya perlu sabar hingga bantuan Rp 600 ribu diterima. Pemerintah menargetkan seluruh pekerja sudah menerima bantuan tersebut pada 30 September 2020.

Presiden Joko Widodo telah menyatakan, bantuan Rp 600 ribu hanya akan diterima pekerja yang terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan. Dengan ketentuan tersebut, tidak ada salahnya mengecek kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan sehingga tahu apakah akan menerima BLT.

Berikut cara cek kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan:

A. Menggunakan aplikasi BPJSTKU

1.Download dan instal aplikasi BPJSTKU untuk android dan iOS

2.Registrasi dengan memasukkan nomor KPJ yang ada di kartu BPJS Ketenagakerjaan, NIK e-KTP, tanggal lahir, dan nama

3.Setelah registrasi, pekerja mendapatkan nomor PIN yang digunakan untuk login dan mengetahui status BPJS Ketenagakerjaan

4.Usai login, pilih Kartu Digital dan klik tepat di tampilan tersebut maka di bagian bawah muncul status BPJS Ketenagakerjaan.

B. Lewat situs BPJS Ketenagakerjaan

1.Klik link https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/

2.Masukkan alamat email di kolom user

3.Masukkan kata sandi

4.Pilih menu layanan

C. Melalui pesan pendek

Status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan juga bisa diketahui lewat pesan pendek. Caranya adalah mengetik pesan pendek dengan format DAFTAR SALDO#Nomor KTP#Nama#Tanggal lahir#Nomor peserta lalu kirim ke 2757. Untuk mengetik tanggal lahir digunakan format dd-mm-yy.

 

Sumber : detik.com