Cegah Berita Hoax, Disdikbud Kapuas Hulu Kirim Surat ke Sekolah

0
196
Surat edaran yang dikeluarkan Disdikbud Kapuas Hulu.
Dijual Rumah

Kapuas Hulu, buktipers.com – Akhir – akhir ini, hoax tentang berbagai peristiwa, marak tersebar melalui media sosial (Medsos).

Untuk itu, pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayan (Disdikbud) Kapuas Hulu, mengeluarkan kebijakan dengan mengeluarkan surat edaran ke sekolah – sekolah, agar tidak turut menyebarkan informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Ini menyikapi hoax yang sempat terjadi, berkaitan dengan isu penculikan anak di wilayah Putussibau.

Surat edaran yang dikeluarkan, pada 26 Pebruari 2020 itu, ditujukan kepada seluruh kepala satuan pendidikan, mulai dari Koordinator Pendidik, PAUD/TK, SD, hingga SMP, baik negeri maupun swasta di Kapuas Hulu.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Hulu, Petrus Kusnadi mengatakan, pihaknya sengaja mengeluarkan surat edaran (SE) ke sejumlah sekolah di Kapuas Hulu, mulai dari pendidikan tingkat PAUD/TK , SD hingga SMP. Dengan harapan, pihak sekolah meningkatkan kewaspadaan.

“Ini jangan sampai terjadi penyebaran berita hoax yang terjadi di lingkungan Dinas Pendidikan Kapuas Hulu,” ujarnya, Kamis (27/2/2020).

Ditambahkan Kusnadi, dari surat edaran yang dilayangkan Dinas Pendidikan tersebut, ada lima poin yang disampaikan.

“Intinya isi surat tersebut kita mengimbau mereka untuk bersama – sama memerangi berita hoax, meneliti keabsahan berita sebelum disebarkan, melakukan penguatan dan dan upaya komunikasi,” terangnya.

Kemudian melakukan langkah – langkah strategis di sekolah dan berkoordinasi dengan instansi pembina pendidikan, jika ditemukan hal – hal yang mecurigakan terkait dengan keselamatan peserta didik.

 

(Dre/Bayu)