Cegah Paham Komunisme, Rindam I/BB Gelar Nobar Film G 30 S PKI Selama Dua Minggu

0
659
2017-09-29_07.21.32

BuktiPers.Com – Pematangsiantar (Sumut)

Dalam rangka mengantisipasi tumbuh kembangnya atau kembalinya paham komunisme di tanah bumi pertiwi, Rindam I/BB gelar nonton bareng (nobar) film Gerakan 30 September PKI (G 30 S PKI) selama dua minggu.

Komandan Rindam I/BB Kolonel Inf I Wayan Suarjana, SE, MM, Kamis (28/9/2017) malam di sela-sela nonton bareng di Lapangan Rindam I/BB mengatakan bahwa nonton bersama ini dianggap sangat penting dengan banyaknya gerakan yang memunculkan simbol-simbol komunis seperti di sosial media pada akhir-akhir ini.

Ditambahkan Dan Rindam I/BB bahwa mengingat pemutaran film ini sudah dihentikan sejak 1998 yakni saat masa reformasi, sehingga dipastikan generasi sejak itu tidak lagi pernah menontonnya. Padahal film tersebut merupakan bukti sejarah yang menggambarkan kekelaman bangsa ini sebagai akibat kekejaman PKI (Partai Komunis Indonesia) pada waktu itu.

Masih menurut Danrindam I/BB, nobar malam ini merupakan hari terakhir dari dua minggu penayangannya dan kali ini diikuti sekitar 2000 orang yang terdiri dari murid yang sedang pendidikan, Prajurit Rindam I/BB beserta keluarga dan warga sekitar.

“Pemutaran film ini sudah kita laksanakan sejak dua minggu lalu, ini merupakan hari terakhir karena besok sebagaimana kita ketahui film ini akan ditayangkan di televisi, sehingga seluruh masyarakat dapat menontonnya,” ujar Danrindam I/BB.

Dari pemutaran film ini, Danrindam I/BB berharap agar seluruh generasi muda mengetahui kejadian pada tahun 1965 yang dilakukan oleh PKI, sehingga kejadian kelam itu tidak akan terulang kembali.

Sementara Camat Siantar Barat Syahpudin Rizal, SSTP mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan ini seraya berharap bahwa melalui nonton bersama ini generasi muda akan terhindar dari pengaruh dan sifat PKI masa lalu yang merupakan suatu bukti sejarah penghianatan terhadap bangsa.

Dalam mendukung untuk suksesnya nonton bersama ini, dikatakannya bahwa pihak kecamatan bekerja sama dengan Kasiter dan Koramil di lingkungan Kodim 0207 untuk mengajak masyarakat dalam meramaikan nonton bareng di Rindam I/BB. (01/Red)