Cuaca Ekstrim, Ribuan Nelayan Tanjung Beringin Tidak Melaut

0
126
Terlihat sampan nelayan masih bertambat di dermaga masing-masing dan suasana di Tempat Pelelangan Ikan TPI tampak sepi.
Dijual Rumah

Sergai, buktipers.com – Ribuan Nelayan Tradisional Bedagai Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serga, memilih tidak melaut, karena cuaca ekstrim disertai air laut deras.

Demikian dikatakan Hasan (50) dan rekannya, Sijol (50), warga Dusun III Desa Nagur, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Sergai, Sabtu (26/6/2021).

“Untuk sementara kita tidak melaut, lantaran cuaca ekstrem alias “angin koncang”, “kata Sijol dengan kental logat bahasa Melayunya.

Ditambahnya, mereka hari ini cuma merajut jaring yang koyak-koyak, karena ini saatnya ada waktu kosong lantaran tidak melaut.

Hal senada juga diucapkan Hasan. Hari ini kami tidak melaut. Selain tidak ada ikan di laut, juga cuaca ekstrim dan air laut deras, kata Hasan.

Percuma kita melaut karena air laut deras, ikanpun tidak ada, katanya.

Disisi lain, Kusno (48), warga Dusun III Desa Rambung Sialang, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Sergai, salah seorang pengecer ikan ke pelosok kampung (Along – along) sedikit kecewa yang mana sejak pukul 05.00 WIB, sudah berada di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Dusun I Desa Tebing Tinggi, berharap bisa mendapatkan ikan dari pedagang ternyata kosong, karena nelayan tidak berani ke laut.

“Sudah tiga hari saya tidak mendapatkan ikan untuk dijajakan, kalau terus-terusan begini rugilah kita,” ucap Kusno.

 

(ML.hrp)