Dalih Menambah Pendapatan Kontribusi, Plt Dirut PD PHJ “Halalkan” Trotoar Jadi Tempat Berjualan

0
296
Dijual Rumah

BuktiPers.Com – Pematangsiantar (Sumut)

Alasan untuk menambah pendapatan kontribusi untuk Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya Pematangsiantar Diddy Cemerlang sebagai Plt Dirut PD PHJ Pematangsiantar “halalkan” atas penggunaan trotoar (taman) menjadi tempat berdagang.

Diddy Cemerlang sebagai Plt Dirut PD PHJ Pematangsiantar semakin menunjukkan tindakan “suka-suka hati” terhadap peraturan yang ada di Pemerintahan Kota Pematangsiantar karena memperbolehkan pedagang membuka lapak di trotoar PD PHJ Pematangsiantar.

Padahal jelas bahwa pemakaian trotoar menjadi tempat berdagang merupakan pelanggaran Peraturan Daerah mengenai pemakaian dan fungsi trotoar dan melanggar undang-undang No 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

Karena penting diketahui ketersediaan fasilitas trotoar merupakan hak pejalan kaki yang telah disebut dalam pasal 131 ayat (1) UU LLAJ. Ini artinya, trotoar diperuntukkan untuk pejalan kaki, bukan untuk orang pribadi.

Ancaman pidana bagi setiap orang yang mengakibatkan gangguan pada fungsi perlengkapan jalan adalah dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda paling banyak Rp 24.000.000,00 (dua puluh empat juta rupiah) Pasal 274 ayat (2) UU LLAJ.

Saat dikonfirmasi kepada Plt Dirut PD PHJ Pematangsiantar Diddy Cemerlang mengatakan, “Rencana PD PHJ yang buat untuk penambahan pendapatan kontribusi,” ucapnya pada Jumat (28/09/2018).

Hal ini berarti, fungsi trotoar tidak boleh diselewengkan dengan cara apapun, termasuk dimiliki secara pribadi dengan alasan trotoar hanya diperuntukkan bagi lalu lintas pejalan kaki. (Ary/Red)