Danrem 043 Resmikan Dua Koramil di Tuba

0
26
Danrem 043 Gatam, Brigjend TNI Toto Jumariono, S.S., M.I.Kom, meresmikan dua Koramil, di wilayah Kodim 0426 Tulang Bawang (Tuba), Rabu (30/9/2020), di Makoramil 426-04/BA, Jalan Ronggolawe Kamp. Tri Tunggal Jaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tuba.
Dijual Rumah

Tulang Bawang, buktipers.com – Komandan Korem (Danrem) 043 Gatam, Brigjend TNI Toto Jumariono, S.S., M.I.Kom, meresmikan dua Koramil, di wilayah Kodim 0426 Tulang Bawang (Tuba), Rabu (30/9/2020), di Makoramil 426-04/BA, Jalan Ronggolawe Kamp. Tri Tunggal Jaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tuba.

Dua Koramil yang diresmikan yakni Koramil 426-04/BA dan Koramil 426-05/PA Kodim 0426/TB.

Danrem mengatakan, jika terbentuknya dua Koramil ini tidak lepas dari sinergitas dengan masyarakat dan Pemda Tuba.

“Terimakasih kepada masyarakat Kecamatan Banjar Agung dan Kecamatan Penawar Aji yang telah memberikan dukungan, bantuan dan kerja sama yang baik, mulai dari penyiapan Markas Koramil, sampai dengan peresmiannya, pada hari ini. Sehingga semua dapat berjalan dengan baik, lancar dan sukses,”katanya.

“Dihadapkan pada perkembangan lingkungan strategis dengan kemungkinan amcaman actual, maupun potensial terhadap kedaulatan NKRI, maka TNI AD selaku komponen utama pertahanan, memandang, bahwa eksistensi satuan Komando Kewilayan (Kodim dan Koramil) masih sangat relevan dan dibutuhkan sebagai ujung tombak pelaksana tugas TNI AD dalam menjalankan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat,” papar Danrem.

Disisi lain, Dandim 0426/TB, Letkol Kav Joko Sunarto, S.Sos., M.Han, mengatakan, jika kedua Koramil ini hasil pemekaran Koramil 426-02 Menggala.

“Perlu saya sampaikan sekilas tentang profil Koramil yang akan diresmikan pada hari ini yakni Koramil 426-04/Banjar Agung dan Koramil 426-05/Penawar Aji ini merupakan pemekaran dari Koramil 426-02/Menggala yg berada di Kabupaten Tuba yang membawahi 15 Kecamatan,” papar Dandim.

Dalam kesempatan itu, Bupati Tuba Hj. Winarti, S.E, M.H, melalui Drs. Untung Widodo S, M.Si menerangkan, dengan luas wilayah Tuba yang terdiri dari 147 Kampung,  4 Kelurahan dan 15 Kecamatan, keterlibatan jajaran TNI yang bertugas di Tuba, sangat besar dan kerja sama dengan jajaran Polri, Pemda dan unsur masyarakat.

“Karenanya saya sangat berterima kasih dan mengapresiasi atas diresmikannya 2 Koramil baru dalam wilayah tugas Kodim 0426/TB dengan harapan kedepan dapat lebih meningkatkan peran dan kontribusi jajaran TNI, khususnya yang bertugas di Kodim Tuba dalam mendukung stabilitas keamanan, di tengah- tengah masyarakat dengan jangkauan lebih luas di wilayah Kabupaten ini,” jelasnya.

(JN)