Dedek Spesialis Maling Kampung, Diciduk Tekab Polsek Perbaungan

0
194
Foto tersangka memperlihatkan hasil curiannya.
Dijual Rumah

Sergai, buktipers.com – Aksi Dedek alias Adek (30) yang suka maling di kampungnya, sangat meresahkan warga Dusun III, Desa Lidah Tanah, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Aksi pencurian yang terakhir dilakukan Adek yaitu di kediaman Riky Chaniago (36).

Korban kehilangan HP dan sejumlah barang berharga dan uang Rp5 juta, di dalam rumahnya, Selasa (10/7/2020)  lalu, sekitar pukul 02.30 WIB.

Kapolres Sergai, AKBP R.Simatupang, SH, M.Hum, didampingi Kapolsek Perbaungan, AKP JM Sitompul, Minggu (26/7/2010), kepada wartawan mengatakan, setelah diketahui korban, akhirnya melapor ke Polsek Perbaungan, sesuai LP/140/VII/2019/SU/Sek Perbaungan, tanggal 14 Juli 2019, sekitar pukul 23.05  WIB.

Dijelaskan Kapolres, korban diberitahukan istrinya,  Nurmadani, bahwa rumah mereka dimasuki maling. Mendengar hal tersebut, korban langsung menutup dagangannya dan kembali pulang ke rumahnya.

Setelah sampai di rumah, korban langsung mengecek keadaan rumah dan setelah dilihat pintu samping belakang, ada bekas congkelan. Pelaku diyakini masuk dari pintu samping.

Saat dicek kedalam rumah, dilihat oleh korban, lemari tamu sudah dalam keadaan berantakan.

Dan saat dicek, ternyata 1 unit handphone merk VIVO telah hilang pada saat posisi dicharger, uang tunai yang ditaruh didalam dompet sebanyak Rp 5 juta, 1 buah helm warna merah merk LTD, serta beras 1 goni timbangan 5 kg juga hilang dari tempatnya.

Korban mengalami kerugian berkisar Rp7.5 juta.

Kemudian setelah dilakukan serangkaian penyelidikan oleh Kanit Reskrim, belakangan didapat informasi dari informan, bahwa pelaku dikenal oleh warga, bernama Dedek dan sudah sangat meresahkan masyarakat karena sering kehilangan.

Berbekal informasi tersebut, kemudian dilakukan investigasi dengan mengumpulkan saksi – saksi yang menguatkan perbuatan pelaku.

Dan akhirnya, setelah terpenuhi bukti permulaan yang cukup, kemudian pada hari Sabtu (25/7/2020), sekitar pukul 03.40 WIB, dilakukan  penangkapan terhadap tersangka.

Tersangka diamankan di rumah abangnya, di Dusun II Desa Lidah Tanah Perbaungan.

Tersangka akhirnya berterus terang, mengakuai perbuatannya.

“Tersangka diamankan ke komando Polsek Perbaungan untuk selanjutnya dilakukan pengembangan terhadap barang bukti dan sampai saat ini masih dilakukan pengembangan terhadap perkara tersebut,”tukas Kapolres.

 

(ML.hrp)