Demo di Kantor Bupati Ditolak, Ratusan Buruh Seruduk Kantor DPRD Sergai

0
232
Aliansi Serikat Pekerja Buruh Bersatu (ASPBB-SB) Sergai, saat mendatangi kantor DPRD Sergai, menyoroti soal kenaikan iuran BPJS Kesehatan, Senin (18/11/2019), sekitar pukul 13,20 WIB dan foto Ketua DPRD Sergai, dr Riski Ramadhan Hasibuan SH, SE saat menerima massa buruh dan menandatangani perjanjian atas kesepakatan untuk melanjutkan tuntutan para buruh.
Dijual Rumah

Sergai, buktipers.com – Lebih dari tiga ratusan massa yang mengatasnamakan Aliansi Serikat Pekerja Buruh Bersatu (ASPBB-SB) Sergai, mendatangi kantor DPRD Sergai untuk menyampaikan aspirasinya, mengenai kenaikan iuran BPJS, yang menyusahkan masyarakat dan buruh, Senin (18/11/2019), sekitar pukul 13,20 WIB.

Dalam orasinya, Agan Surya Tanjung selaku ketua F.SPTI KSPSI Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), menuntut Peraturan Presiden RI nomor 75 tentang kenaikan iuran BPJS Kesehatan segera dicabut.

Kemudian, mereka juga menuntut dicabutnya PP nomor 78 tahun 2015 tentang pengupahan.

Selain menuntut atas kenaikan iuran BPJS, buruh juga menuntut beberapa tuntutan lagi, yaitu :

– Tetapkan UMK Serdang Bedagai tahun 2020 sebesar 20%.

– Tindak tegas pengusaha yang menerapkan upah dibawah ketentuan.

– Bangun segera latihan kerja (BLK) bagi buruh dan pekerja di Sergai.

– Penjarakan pelaku union busting.

– Hapuskan sistim buruh kontrak.

– Serahkan kepada buruh dan pekerja untuk melaksanakan May Day yang difasilitasi pemerintah Sergai.

– Lakukan pembinaan terhadap dunia usaha serta pada serikat pekerja/buruh di Sergai.

– Perhatikan dan tambah anggaran dibidang ketenagakerjaan di Sergai.

Sebelumnya, ASPBB-SB menggeruduk kantor Bupati Sergai, tapi sayang dalam aksi long march damai tersebut ditolak, dengan alasan Bupati dan Wakil Bupati tidak ada karena keluar kota, kata salah seorang pejabat Pemkab di Sergai.

Dalam long march tersebut, ketua DPRD Sergai, dr Riski Ramadhan Hasibuan SH, SE, menerima seluruh buruh yang aksi di kantor DPRD itu.

dr Riski Ramadhan, siap menerima aspirasi dan keluhan para buruh yang demo damai ini. Kita akan siap menyampaikan serta membahas persoalan dan aspirasi para buruh ke Bupati Sergai, dan tentang masalah kenaikan iuran kesehatan BPJS itu sudah jadi permasalahan Nasional, katanya.

Disinggung soal perusahaan yang membayar upah yang tidak sesuai dengan UMK ? Kita akan menindaklanjuti perusahaan tersebut, jawabnya.

Setelah itu, ketua DPRD Sergai menandatangani kesepakatan untuk melanjuti aspirasi masyarakat dan buruh.

 

(ML.hrp)