Densus 88 Sita Buku Jihad dari Rumah Terduga Teroris

0
150
Rumah kontrakan terduga teroris di Ponorogo/Foto: Charolin Pebrianti
Dijual Rumah

Buktipers.com – Ponorogo

Warga Kelurahan Mangunsuman, Kecamatan Siman dikejutkan penggeledahan sebuah rumah yang dilakukan Tim Densus 88 Antiteror, Minggu (30/6) sore. Rumah tersebut dihuni seorang terduga teroris yang sudah tertangkap.

Seperti dalam rilis yang disebar Polres Ponorogo, Densus 88 menggeledah rumah yang dihuni Budi Tri Karyanto (42). Budi tinggal bersama istri dan kelima anaknya di Perumahan Griya Siman Permai, Kelurahan Mangunsuman, Kecamatan Siman.

Dalam penggeledahan itu, Densus 88 mengamankan sebuah pisau belati, paspor, buku rekening dan beberapa buku. Buku-buku tersebut berjudul Pandangan 45 Jihad Internasional tentang ISIS, Balada Jihad Aljazair, Misi Walet Hitam, menguak misteri teroris dr. Ashari dan Jaringan Baru Teroris Solo.

Penangkapan Budi pada Minggu (30/6) siang merupakan pengembangan dari tertangkapnya Joko Supriyanto. Joko merupakan terduga teroris yang diamankan Densus 88 di Mejayan, Kabupaten Madiun pada tanggal 14 Mei lalu.

Ketua RT setempat Zainudin (48) bercerita, tidak ada hal yang mencurigakan dalam keseharian keluarga Budi. Menurutnya keluarga Budi berbaur dan kerap mengikuti kegiatan keagamaan atau acara warga lainnya.

“Kerja bakti ikut, ada pengajian juga ikut. Tidak ada yang aneh,” kata Zainudin saat ditemui di lokasi, Senin (1/7/2019).

Zainudin juga menyampaikan, keluarga Budi tidak tertutup. Kemudian tidak ada kegiatan yang mencurigakan di rumahnya. Data yang ada di RT, Budi merupakan warga asal Klaten, Jawa Tengah.

“Di sini cuma ngontrak, sekitar 3 tahunan yang lalu,” lanjutnya.

Kapolres Ponorogo AKBP Radiant membenarkan adanya penangkapan yang dilakukan oleh Tim Densus 88 terhadap Budi sebagai terduga teroris. “Diamankan satu orang, kemarin di wilayah Sampung,” pungkasnya.

 

Sumber : detik.com