Deres Pohon Pinus Di Haranggaol, 2 Warga Cilacap Di Polisikan

0
259
IMG-20180403-WA0074
Loading...

Buktipers.com – Simalungun (Sumut)

Warga Kelurahan Haranggaol, Kecamatan Haranggaol, Kabupaten Simalungun mengamankan warga yang merusak hutan dengan menyadap getah pohon pinus yang berada dikawasan hutan Haranggaol. 

Hal itu terjadi pada Selasa (3/4/2018), dimana warga Haranggaol memergoki kedua yang diduga pelaku perusak kawasan hutan dan berikut dengan getah Pinus yang sudah dimasukan dalam karung yang siap diangkut/dijual.

Warga yang mengamankan pelaku langsung mengamankan dan memboyong keduanya ke Mako Polres Simalungun yang berada di kelurahan Pematang Raya, kecamatan Raya, Simalungun.

Keduanya diserahkan warga agar pihak kepolisian dapat mengungkap dalang / pengusaha getah yang di duga sengaja mempekerjakan warga diluar kabupaten Simalungun untuk menderes getah pohon Pinus di kawasan hutan.

Baca Juga!  Hutan Gunung Sipiso Piso Kembali Dilalap Sijago Merah

Kedua pelaku masing-masing R (29) dan M(45) merupakan warga Cilacap, Jawa Timur. Menurut keterangan warga yang ikut mengantarkan kedua diduga pelaku ke Mako Polres Simalungun, kedua pelaku sudah lama beroperasi dan sangat meresahkan warga Haranggaol khususnya dan terindikasi adanya peran pengusaha penadah getah pinus untuk memuluskan usahanya, dengan memperkerjaan orang luar Simalungun. 

“Ini sudah lama beroperasi dan sudah sangat meresahkan warga Haranggaol khususnya, dimana hutan yang dirusak pengusaha getah bonus itu sudah mengancam keamanan dan keselamatan warga. Dimana pohon pinus yang disadap berpotensi mati dan akan mengakibatkan longsor nantinya. Melihat posisi pemukiman yang berada dibawah/didaratan pinggiran Danau Toba bila terjadi longsor maka warga sekitar akan tertimbun,” terang R Sipayung di ruangan Reskrim Polres Simalungun. 

Baca Juga!  Pengelolaan Dana Desa Di Nagori Sigodang Terindikasi Ajang Korupsi

Saat dikonfirmasi Kasat Reskrim Polres Simalungun AKP Damos Aritonang membenarkan hal ini. Menurut Damos penadah/pengusaha getah pinus sengaja mempekerjakan dua warga Cilacap.

“Kita masih melakukan pengembangan kuat dugaan kami si Penadah / pengusaha sengaja memperkerjakan penduduk luar Simalungun. Kedua pelaku merupakan warga Cilacap Jawa Timur dan barang bukti yang kita amankan yakni getah pinus sekitar 2 ton dan masih dilakukan pengembangan kalau masalah pengusaha / penadahnya, kita masih mengunpulkan bahan keterangan” jelas Damos. (RS/Red)

Loading...