Beranda Parawisata Desa Melati II Perbaungan Adakan Pelatihan Program Edukasi Tani PIID-PEL

Desa Melati II Perbaungan Adakan Pelatihan Program Edukasi Tani PIID-PEL

144
0
Mahasiswa Unimed, foto bersama dengan peserta pelatihan guide wisata tani.

Sergai, buktipers.com – Desa Melati II, Kecamataan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai  (Sergai), Sumatera Utara, adakan pelatihan Program Inkubasi Inovasi Desa – Peningkatan Ekonomi Lokal (PIID-PEL), yang dicanangkan oleh Kementerian Desa (Kemendes) RI, selama dua hari, di Panteng Kleset, Dusun Sri Tontong II, Desa Melati, Rabu (14/8/2019).

Nur Intan Siregar, Kasi Pengembanan Ekonomi Kreatif Parawisata Dinas Pemuda Olahraga dan Wisata Budaya (Poraparbud), selaku narasumber, memaparkan tentang pelatihan usaha homestay untuk masyarakat wisata tani, di Desa Melati II.

Karena bisnis tersebut, sangat efisien dalam mengurangi angka kemiskinan, pada masyarakat daerah pedesaan dan bisa menambah penghasilan masyarakat untuk menyewakan rumahnya serta membuka lapangan kerja.

Baca Juga!  Tiga Caleg Partai Demokrat Kompak Gelar Lomba Maragat Pohon Aren di Parapat

Pelatihan tersebut juga dihadiri, Inkubator, Syafrizal Ketua LKMD Dani dan ketua TPKK Desa Melati II Suriani Supardi, ketua Pokja Samsul Sijabat, Camat Perbaungan Drs. Benny Saragih, perwakilan Kadis Poraparbud Sudarno, S.Sos, Pendamping Desa Kecamatan Abdul Rahman dan Nita Yulinda. Para mahasiswa PKL Unimed yang berjumlah 20 orang, para Karang Taruna dan para peserta pelatihan.

Sementara Rahmad Asra dari Bidang Parawisata Poraparbud, juga memaparkan tentang pemakaian jasa guide yang menjadi petunjuk jalan, teman berbicara, memberi bantuan serta memandu menuju tempat wisata.

Safrizal, ketua LKMD, menunjukkan sampan miniatur kepada peserta pelatihan wisata. pertanian

Dan Suyitno atau sering dipanggil Pak Gareng, seorang tenaga kreatif, memaparkan tentang  hasil kerajinan tangan, dari sampah  organic, terutama mengurangi sampah plastik dan lainnya.

Baca Juga!  Warga Tiga Dolok Berangkatkan Para Caleg, Termasuk Parlindungan Purba

Dan cara pembuatan kerajinan tangan dari bahan dari bambu, untuk pembuatan miniatur sampan yang  bisa menambah penghasilan masyarakat Desa Melati yang berjumlah lebih kurang 6000 orang dari 23 dusun.

Supardi, selaku Kepala Desa (Kades) Melati II, memaparkan tentang Desa Melati II yang akan menjadi desa wisata tani.

Dia juga menyebutkan, bahwa ada 4 lokasi yang  bisa mendatangkan pariwisata di desa tersebut, diantaranya, Panteng Kleset yang terletak di dusun Tontong 2 Wisata Tani, ada 6 unit ATF sumbangan dari Kemendes dan lokasi untuk wisata keluarga, bersama anak serta untuk edukasi pendidikan.

Petilasan Tohjoyo, merupakan daerah wisata edukasi berbasis sejarah, miniatur kejayaan RI, seperti candi, tempat ibadah. Ada 118 miniatur, terletak di Dusun Belimbing, Kebun Jeruk Petik Sendiri (JPS), di Jalan Raya  Dusun Langsat Desa Melati II, serta peternakan susu Kambing Etawa di Dusun Durian, yang juga susu tersebut bisa dikelola menjadi sabun, ucap Supardi.

Baca Juga!  Kegiatan Bhakti Sosial Bidang Kesehatan KNPI Tanjungbalai Berlangsung Sukses

Dan Dana Desa (DD) akan digunakan untuk meningkatan wisata tani di Desa Melati II, yang mempunyai lahan seluas 930 H, agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, serta  BumDes Madani Sub unit  Desa Wisata.

(ML.hrp)

Loading...