Desa Sebagai Ujung Tombak Pembangunan, Dana Desa Harus Tepat Sasaran

0
298
Kadis PMD Tapteng Sunardi SSos saat memberi materi pada rapat evaluasi Dana Desa (DD) tahun 2018, di Hotel Pia Pandan, Kabupaten Tapteng, Provinsi Sumatera Utara, Jumat (14/12/2018).(foto/job)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Tapteng (Sumut)

Peran desa merupakan ujung tombak pembangunan dari segala sektor. Baik pembangunan infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia, pembangunan ekonomi serta sektor pembangunan lainnya.

Hal itu disampaikan Bupati Tapteng, Bahktiar Ahmad Sibarani melalui Asisten I Pemerintahan Tapteng, Antonius Simanjuntak saat membuka rapat evaluasi Dana Desa (DD) tahun 2018, di Hotel Pia Pandan, Kabupaten Tapteng, Provinsi Sumatera Utara, Jumat (14/12/2018).

Antonius menegaskan, saat ini peran desa sangat perlu dikembangkan dari berbagai sektor, termasuk sumber daya manusianya. Sehingga pelaksanaan dan pengawasan Dana Desa dapat terlaksana dengan baik.

“Kita harus mendukung penuh Nawacita Jokowi untuk membangun dari pinggiran. Tentu, kucuran Dana Desa ini sangat baik dalam membantu pemerintah kabupaten untuk pembangunan dari berbagai sektor,” ungkapnya.

Dirinya mengharap, para para Camat berperan aktif dalam perencanaan, serta pengawasan pembangunan yang menggunakan Dana Desa, demi mencapai hasil yang maksimal, dan penyalurannya tepat sasaran.

“Camat harus berperan aktif dalam perencanaan pembangunan Dana Desa, agar tepat sasaran dan benar-benar menyentuh masyarakat,” tegasnya.

Kadis PMD Tapteng, Sunardi S.Sos mengatakan, tujuan rapat evaluasi ini adalah untuk mendiskusikan permasalahan dan kendala yang ditemukan di lapangan, serta mendiskusikan sejauhmana perkembangan pembangunan dari Dana Desa.

“Semua pihak harus berperan aktif dalam pelaksanaan pembangunan lewat Dana Desa. Kalau semua bertumpu ke Dinas PMD, tentu pengawasan kurang maksimal. Kami sangat membutuhkan peranan camat, mulai dari perencanaan hingga pengawasan,” katanya.

Ia meminta, Kepala Desa menggunakan Dana Desa betul-betul untuk pembangunan dan menyentuh langsung kepada masyarakat.

“Jangan main-main dalam penggunaan Dana Desa, harus tepat sasaran,” pungkasnya.

Hadir dalam acara evaluasi para Kepala Desa se-Tapteng, Kejaksaan Negeri Sibolga, Polres Tapteng serta Camat se-Tapteng. (Job Purba)

 

Editor : Maris