Detik – detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-76 di Sergai Berlangsung Khidmat

0
3
Detik - detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-76 di Sergai berlangsung khidmat.
Dijual Rumah

Sergai, buktipers.com – Meski masih dalam suasana pandemi Covid-19, namun peringatan detik-detik proklamasi ke-76 kemerdekaan RI yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai), berlangsung khidmat, di halaman Kantor Bupati Sergai, di Sei Rampah, Selasa (17/8/2021).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati Sergai H. Darma Wijaya, Perwira Upacara AKP. Abdul Rahman, SH, MH dan Komandan Upacara Ipda Afiat Sidabutar, SH.

Seperti tahun lalu, pelaksanaan upacara HUT RI kali ini juga dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat.

Hal ini terlihat dari seluruh peserta upacara yang menggunakan masker dan jumlah peserta yang dibatasi untuk mendukung physical distancing.

Hadir dalam upacara ini unsur Forkopimda plus, yaitu, Wabup Sergai H Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, M.SP,  Sekdakab H. M. Faisal Hasrimy, AP, M.AP, para Asisten dan Kepala OPD. Sedangkan para Camat ikut melaksanakan kegiatan upacara di kantornya masing-masing secara virtual.

Foto bersama.

Setelah pelaksanaan upacara pengibaran bendera sang merah putih oleh anggota Paskibra di lapangan, Bupati dan Wakil Bupati yang mengenakan pakaian adat Sumatera Utara serta unsur Forkopimda Plus, bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati, bersama-sama menyaksikan upacara detik-detik proklamasi HUT RI ke-76 secara virtual dari Istana Negara Jakarta dengan Inspektur Upacara, Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo.

Di tempat terpisah, para ASN Pemkab Sergai pun ikut menyaksikan dan melaksanakan upacara HUT RI di ruangan OPD masing-masing dengan jumlah peserta yang juga dibatasi.

Menanggapi secara singkat, Bupati Darma Wijaya menyampaikan, jika upacara kali ini tentu tidak seramai sebelum Covid-19 melanda. Ia berujar, Paskibra yang bertugas pun hanya pasukan inti saja.

“Tahun ini jadi tahun ke-2 perayaan Kemerdekaan RI harus dirayakan di tengah pandemi Covid-19. Bukan berarti kekuatan kita melemah. Justru semangat kita harus makin tinggi untuk memperingati dan sekaligus mengenang perjuangan para pahlawan yang berjuang merebut kemerdekaan, di tengah berbagai tantangan bangsa yang kita sedang hadapi. Selamat merayakan Kemerdekaan RI. Dirgahayu bangsaku, sejahteralah negeriku. Indonesa tangguh, Indonesia Tumbuh,” tandasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Bupati Sergai Adlin Tambunan.

“Peringatan Hari Kemerdekaan setiap tahun harus jadi momentum untuk terus berjuang, menggaungkan kembali semangat berusaha. Indonesia merdeka, Sergai Maju Terus,”ucapnya.

 

(ML.hrp)