Di Tanjungbalai, Pembangunan Proyek Milik Pemprovsu Pekerjakan Anak di Bawah Umur  

0
558
Salah satu anak usia di bawah umur, yang bekerja di proyek milik Pemprovsu yang sedang dibangun di Tanjungbalai. (foto: Gani/Fuzi)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Tanjungbalai (Sumut),

Miris! Satu proyek pembangunan gedung milik Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) telah memengerjakan anak yang usianya masih di bawah umur.

Proyek tersebut adalah pembangunan gedung Kantor UPT Tanjungbalai Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Sumatera Utara, dan sudah mulai dikerjakan selama dua minggu.

Pekerjaan proyek itu disebut-sebut dilaksanakan PT. Razasa Karya yang berkantor di Jalan Puri, Gang Purnama, Kelurahan Kotamatsum, Kecamatan Medan Area, Kota Medan, dengan nilai kontrak sebesar Rp 4.404.664.000.

Selain memengerjakan anak di bawah umur, pengerjaan proyek itu juga patut dipertanyakan, terlihat pada mal yang dipakai untuk pengecoran memakai papan kelapa yang sangat jarang dilakukan.

Untuk cerocoknya -pun masih diragukan karena tidak kelihatan. Kabar yang diterima, kayu laut yang berukuran empat inci panjangnya tiga meter. Untuk jumlah banyaknya cerocok dalam satu lobang ompak juga perlu ditelisik, karena penuh dengan air.

Halnya pekerja di bawah umur itu, menurut seorang pekerja yang enggan menyebutkan namanya, mengatakan, kalau Ipin dan Ari itu masih anak sekolah, tapi karena mereka malas sekolah jadi ikut kerja di sini.

Kepala tukang bernama Aman, mengatakan, anak tersebut bekerja ikut sama kakeknya yang juga tukang bangunan. “Mereka tinggal di Pasar Traktor,” kata Aman, Sabtu (6/10/2018).

Ditanya soal papan dari pohon kelapa untuk mal itu? Aman menjawab; “Kayu kelapa yang ada datang, maka kayu itulah yang kami pasangkan. Untuk cerocok sudah ada dipasang, setiap satu lobangnya ada sembilan batang kayu laut ukuran empat inci. Itu dipasang pakai alat berat (eskapator) saat melobanginya langsung dipasang,” ujar Aman. (Gani/Fauzi)

Editor : Maris