Beranda Lintas Provinsi Dianggap Meresahkan, Buaya di Jambi Mati Ditembak Warga

Dianggap Meresahkan, Buaya di Jambi Mati Ditembak Warga

88
0
Buaya mati ditembak warga di Jambi (Foto: Ferdi/detikcom)

Jambi, buktipers.com – Seekor buaya besar mati ditembak oleh warga di Desa Pulau Temiang, Kabupaten Tebo, Jambi. Buaya jenis senyulong (Tomistoma Schegelii) itu berukuran sekitar 6 meter.

“Panjang buaya itu ada sekitar 5 atau 6 meter, buaya itu sudah cukup besar termasuk buaya tua. Buaya itu mati lantaran diburu dengan berbagai cara mulai ditombak dan ditembak dengan menggunakan senjata rakitan oleh warga di sana,” kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi, Rahmad Saleh kepada detikcom, Senin (12/8/2019).

Penangkapan buaya senyulong itu dilakukan warga pada Sabtu (10/8). Buaya dengan bobot mencapai lebih dari 250 kilogram itu ditangkap warga saat sedang berada di pinggiran sungai Batanghari Jambi yang saat ini sudah mulai surut lantaran kemarau.

Baca Juga!  Duh! Bu Dokter Ini Gagal Jadi PNS di Sumbar karena Disabilitas

Video penangkapan buaya yang telah mati itu bahkan beredar di berbagai media sosial. Dalam penangkapan itu, warga juga terlihat sempat membalikan tubuh buaya besar tersebut untuk dibelah perutnya.

Buaya besar jenis senyuolong itu ditangkap lantaran dianggap meresahkan warga di sana. Terlebih, konflik antarbuaya dan masyarakat di sana sudah kerap kali terjadi yang sempat mengakibatkan adanya korban jiwa.

“Jadi seperti ini, ketika kita mendapatkan adanya penangkapan buaya, kita turunkan tim langsung ke lokasi, dari informasi yang kita peroleh disana, buaya itu memang sudah disepakati oleh warga untuk dibunuh karena sudah meresahkan dan mengkhawatirkan,”ujar Rahmad.

Rahmad menyebutkan, warga terpaksa membunuh buaya besar itu lantaran beberapa waktu lalu adanya seorang nelayan yang merupakan warga di sana diserang buaya hingga terluka namun tidak sampai tewas.

Baca Juga!  Tim Pemenangan Jokowi-Amin Provinsi Jatim Sambangi Kota Malang

“Kalau untuk korban jiwa sih pada tahun ini tidak ada laporan, mungkin pada tahun-tahun yang lalu kali. Memang ada korban, tetapi bukan pada tahun sekarang, mungkin warga mulai resah lagi, lantaran waktu itu ada warga di sana yang terluka ketika diserang buaya makanya warga kemudian memburu buaya itu,” terangnya.

Menurut Rahmad, buaya senyulong merupakan jenis buaya dengan moncong panjang dan relatif sempit. Buaya itu pada umumnya memakan hewan-hewan kecil seperti ikan.

“Buaya yang dibunuh ini berkelamin betina, di dalam perut buaya itu tidak ada tanda-tanda adanya tubuh manusia, hanya beberapa tulang ikan dan batu-batuan yang berada di perutnya,” ujarnya.

Saat ini bangkai buaya senyulong sudah dikuburkan oleh pihak BKSDA Jambi bersama warga sekitar dan unsur kepolisian. Masyarakat juga diimbau untuk tidak berada di lokasi atau berhati-hati di tempat yang menjadi habitatnya buaya.

Baca Juga!  Ayah Bejat di Aceh Perkosa Anak Tiri Berulang Kali, Dalam Rumah hingga di Semak - semak

“Bangkai buaya sudah kita kuburkan, dan disaksikan oleh berbagai masyarakat dan polisi. Kita juga mengimbau masyarakat agar tidak terlalu banyak beraktifitas ataupun harus berhati-hati jika berada di kawasan yang menjadi habitatnya buaya,” terang Rahmad.

Sumber : detik.com

Loading...