Diapresiasi Menkumham, Pemko Tanjungbalai Merintis Karya Batik dengan Warga Binaan

0
528
Batik produk Tanjungbalai diserahkan kepada Menkum HAM, Yasonna H.Laoly.(foto/ist)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Tanjungbalai (Sumut)

Menyadari bahwa hak hidup untuk berkarya dan hidup layak adalah milik segenap anak-anak bangsa tanpa terkecuali, hal ini mendorong Pemko Tanjungbalai dan pihak Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) memotivasi warga binaan untuk berkarya dalam berbagai produk kerajinan atau home industry.

Seperti yang sekarang dilakukan pihak Pemko Tanjungbalai dengan pihak Lapas Kelas II Pulau Simardan Tanjungbalai, sepakat menjalin kerjasama (Memorandum of Understanding/MoU) untuk memberdayakan warga binaan di bidang produk kerajinan batik.

Menkum HAM Yasonna H.Laoly saat memberikan penghargaan Anubhawa Sasaba Kelurahan/Desa di Halaman Lapas Kelas I Medan, Jumat (7/12/2018).(foto/ist0

Kerjasama itu terkuak dikala Walikota Tanjungbalai H.M.Syahrial SH.MH usai menghadiri pemberian penghargaan Anubhawa Sasaba Kelurahan/Desa oleh Menteri Hukum dan HAM di Halaman Lapas Kelas I Medan, Jumat (7/12/2018).

Walikota H.M Syahrial berharap Kerjasama antara Pemko Tanjungbalai melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian dengan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Pulau Simardan.

Selain dapat meningkatkan hubungan secara kelembagaan, dengan penandatangan perjanjian kerjasama (MoU) ini nantinya akan meningkatkan kemampuan keterampilan bagi warga binaan dalam hal pembatikan dan kerajinan kulit kerang.

Lebih lanjut Walikota Tanjungbalai mengatakan, pihaknya dalam hal ini Dinas Perindag dan Dekranasda sudah beberapa kali melakukan pelatihan keterampilan membatik bagi warga binaan Lapas Kelas II B Pulau Simardan.

Dilatih langsung oleh Ketua Dekranasda Tanjungbalai Hj.Sri Silvisa Novita. Ternyata progresnya, sangat luar biasa, dimana keinginan dan antusias dari warga binaan sangat baik.

Pemko Tanjungbalai berharap nantinya para warga binaan yang ikut pelatihan membatik dan kerajinan kulit kerang akan bertambah, sehingga ketika mereka bebas dari masa menjalani pembinaan di Lapas, tidak lagi kesulitan untuk mencari pekerjaan.

“Karena bagi para warga binaan yang telah mahir Dekranasda siap menampung mereka bekerja di Produksi Batik Kito, Tanjungbalai,” sebut Walikota.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota didampingi Ketua TP.PKK yang juga Ketua Dekranasda Kota Tanjungbalai, memperlihatkan produk Batik Kito kepada Menkumham Yasonna H.Laoly, disaksikan Kakanwil Kemenkumham Sumut Drs.Priadi BC.IP.MSc, Kalapas Kelas II B Pulau Simardan, Jayanta AMd.IP.SH.

Menkumham Yasonna H.Laoly sangat mengapresiasi gagasan Walikota Tanjungbalai itu untuk memberdayakan warga binaan berkarya di bidang home industry batik dan kulit kerang.

“Batik Kito Tanjungbalai hasilnya sangat bagus dan luar biasa, terus ditingkatkan dan sukses selalu buat Kota Tanjungbalai dan Batik Kito, sebut Pak Menkumham tadi saat pertemuan,” ujar Walikota Tanjungbalai dengan sangat optimis.(Gani/Fauzi)

 

Editor : Maris