Dicari, Pendonor Hati untuk Bayi Aiyla di Medan

0
1
Bayi Penderita Atresia Bilier dibawa ke RSUP Adam Malik. [Ist]
Dijual Rumah

Medan, buktipers.com – Pendonor hati untuk bayi berusia tujuh bulan, benama Aiyla Adisty Hidayah yang mengidap penyakit Atresia Bilier saat ini masih dicari.

Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan, dari keterangan dokter bahwa penyakit Aiyla bisa ditangani dengan cara tranplantasi hati. Namun demikian, itu tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat.

“Kata tim dokternya harus melakukan transplantasi hati. Ini bukan hanya soal biaya, kalau biaya ada, kadang-kadang yang ditransplantasi masih dicari dulu, pendonor dari mana,” kata Bobby, melansir Antara, Selasa (12/10/2021).

Bobby mengatakan, untuk melakukan transplantasi hati tidak boleh sembarangan dan harus mendapatkan persetujuan dari orangtua bayi.

“Yang pasti kami menunggu dari orangtua, kemarin kita diskusi sama orangtua dan dokter, Gak bisa tiba-tiba, walaupun orangtua sepakat, oke, masih dicari dulu (pendonor),” kata menantu Presiden Jokowi tersebut.

Bobby mengaku, orangtua Aiyla belum memutuskan mengenai penanganan lebih jauh terhadap anaknya. Diketahui, bayi perempuan berusia tujuh bulan bernama Aiyla Adisty Hidayah menderita Atresia Bilier.

Kondisi anak bungsu dari pasangan Rahmat Hidayat (31) dan Olivia Saridah (27), warga Jalan Medan Area Selatan, Gang Mulia Medan, terlihat memperhatikan. Bagian perutnya terus membesar, dan perlu segera mendapatkan penanganan medis.

Bobby yang mendapat kabar memerintahkan Dinas Kesehatan dan Camat Medan Area untuk membawa bayi ke RSUP Adam Malik Medan, pada Kamis (7/10/2021) malam.

Bobby dan istri Kahiyang Ayu kemudian menjenguk bayi tersebut. Saat menjenguk bayi Aiyla, mereka mendengarkan dengan seksama dan penuh perhatian keterangan Olivia Saridah, sang ibu bayi.

Mendengar penjelasan yang mengharukan dan melihat langsung kondisi bayi Aiyla, Kahiyang Ayu tak bisa menahan tangisnya.

 

Sumber : Suara.com