Diduga Ada Perpindahan Suara, Calon Anggota DPD Ini Protes KPU Deliserdang

0
141
Calon anggota DPD asal Sumut Badikeninta Sitepu menjelaskan dugaan pergeseran suara yang seharusnya untuknya ke calon lain. (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Deliserdang (Sumut)

Proses rekapitulasi suara yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Deliserdang hingga Sabtu (18/5/2019) dini hari berlangsung alot. Pasalnya, salah satu calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Badikeninta Sitepu memprotes soal dugaan perpindahan suaranya ke calon lain.

Dalam pernyataannya, Badikeninta menilai ada perbedaan jumlah suara signifikan antara dokumen C1 dengan yang terlampir di kertas plano di KPU. Salah satunya di daerah Kecamatan Percut Sei Tua. Dia menduga telah terjadi perpindahan suara dari yang seharusnya dia peroleh ke calon yang lain.

“Perpindahan suara ini menyebabkan penambahan suara yang sangat signifikan untuk calon yang lain sehingga merugikan saya,” kata Badikeninta, Sabtu (19/5/2019).

Badikeninta mengatakan, dirinya akan melaporkan peristiwa itu kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk diproses lebih lanjut. “Kami akan melaporkan ini kepada Sentra Gakkumdu karena ini merupakan pelanggaran pidana Pemilu. Tidak hanya cukup dikoreksi,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Deliserdang, Timo Daulay mengungkapkan pihaknya sudah melakukan perubahan perolehan suara tersebut menjadi sebagaimana mestinya. Namun, pihaknya menduga ada kesengajaan dari oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menggeser suara calon tertentu.

“Ini kan tidak boleh. Ini merupakan pelanggaran pidana. Saat ini kami sedang melakukan klarifikasi terhadap oknum panitia pemungutan suara (PPS) di desa tersebut terkait hal ini,” katanya.

Sumber : iNews.id