Beranda Hukum Diduga Genset Tak Berizin, Dirut RSUD Menggala : Kalau Kamu Jagoan Temui...

Diduga Genset Tak Berizin, Dirut RSUD Menggala : Kalau Kamu Jagoan Temui Saya!!!!

132
0
Loading...

 

Buktipers.com – Tulang Bawang (Lampung)

Penggunaan perangkat pembangkit listrik generator atau genset Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Menggala Kabupaten Tulang Bawang diduga belum kantongi izin.

Hasil penelusuran dan data yang dihimpun awak media di RSUD Menggala diduga genset tersebut belum memiliki perizinan dan sertifikat laik operasi (SLO), tenaga tekniknya pun belum memiliki sertifikat kopentensi, namun genset tersebut sering beroperasi.

Dikatakan Junerdy, Senin (11/03/19) Ketua Kordinator Wilayah (Korwil) Lampung Lembaga Swadaya Masyarakat Lempar perihal genset di RSUD Menggala sudah menyalahi aturan dan undang undang.

” Izin usaha penyediaan tenaga listrik dan sertifikasi instalasi genset dan pengoperasian itu telah diatur dalam pasal 49 ayat 1-10 UU Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan,” ucapnya.

Baca Juga!  Ditantang Berkelahi, Anis Tewas Ditebas Parang

Lanjutnya, Isi undang-undang menyebutkan bahwa setiap penggunaan genset di atas 200kVA harus memiliki izin dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM seperti Sertifikat Laik Operasi (SLO) dan izin operasi (IO) pihak rumah sakit harus melengkapi.

Lebih lanjut, sedangakan persyaratan mengurus IO yang dibutuhkan RSUD Menggala di antaranya administrasi kepemilikan, fotokopi NPWP, izin Undang Undang Gangguan (UUG), AMDAL/ UKL/ UPL serta uraian rencana penyediaan dan kebutuhan.

” Berdasarkan Undang-undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan, RSUD Menggala bisa terkena tindak pidana di bidang ketenagalistrikan beserta sanksi-sanksi yaitu 1. Tidak memiliki izin usaha penyediaan tenaga listrik Pasal 49 ayat (1)
“Setiap orang yang melakukan usaha penyediaan tenaga listrik untuk kepentingan umum tanpa izin sebagaimana dimaksud dalam Pasal 19 ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun dan denda paling banyak Rp2.000.000.000,00 (dua miliar rupiah)”. 2. Tidak memiliki izin operasi Pasal 49 ayat (2) “Setiap orang yang melakukan usaha penyediaan tenaga listrik tanpa izin operasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 22 dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda Rp4.000.000.000,00 (empat miliar rupiah”, tutupnya.

Baca Juga!  2 Tahanan Kasus Pencurian Polresta Denpasar Melarikan Diri

Sebelumnya, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Menggala, Dr. Lukman Pura.SpPD-KGH.,MHSM.,FINASIM saat dikonfirmasi awak media lewat pesan Watshap. Minggu (10/03/19).

” Apa tidak bisa hari kerja mas, saya di Bandung, besok temui saya, kabag TU atau Kabid Pelayanan, ” jawabnya.

Saat Direktur RSUD Menggala menghubungi awak media, Senin (12/03/19) dengan nada keras menantang awak media untuk berkelahi.

” Yang sopan dong kamu !! dari tadi kamu hubungi saya, kenapa sudah saya perintahkan hubungi yang lain pejabat yang lain, yah !!

Kalau mang kamu jagoan temuin saya dimana ayok !! kalau mau coba coba dengan saya yok !! (Tim)

Loading...