Diduga Kepsek SMK N 1 Jorlang Hataran Lakukan Pungli Pendaftaran Ulang

0
904
IMG_20170815_141917

BuktiPers.Com – Simalungun (Sumut)

Kepala Sekolah SMKN 1 Kecamatan Jorlang Hataran, Kabupaten Simalungun melalui Panitia Penerimaan Siswa baru Tahun ajaran 2017/2018 diduga melakukan pungutan liar dengan modus uang pendaftaran ulang sebesar Rp.600.000.

Hal itu disampaikan salah seorang warga Jorlang Hataran yang enggan namanya dituliskan, Selasa (15/8/2017) mengatakan kalau pihak sekolah SMKN 1 Jorlang Hataran memberatkan orangtua siswa untuk uang atribut, topi, bendera mini dan uang baju praktik.

Menurut informasi, bukan kali ini saja uang pendaftaran ulang dilakukan sekolah tersebut. Tahun sebelumnya juga sudah dilakukan seperti itu. Padahal pungutan dengan judul uang pendaftaran jelas melanggar seperti tertera pada rincian yang dilarang Saber Pungli.

Sumber juga mengetahui kalau informasi yang didapatnya bahwa sekolah tersebut sudah disurati oleh LSM Karya, dan surat yang dilayangkan tidak ada respon dari pihak sekolah dan Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu). Hal ini menurut sumber merupakan pembiaran dan dukungan kepada kepala sekolah untuk melakukan pungli oleh Dinas Pendidikan Pemprovsu.

Kepala Sekolah SMKN 1 Jorlang Hataran, Saud Siboro belum berhasil dikonfirmasi karena saat dihubungi ke nomor telepon genggamnya sedang tidak aktif. (Rey/Red)