Diduga Korsleting Listrik, 2 Rumah di Bangka Tengah Ludes Terbakar

0
1
Kebakaran hebat melanda dua unit rumah di Kelurahan Dul, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah. (Ist)
Dijual Rumah

Bangka Tengah, buktipers.com – Kebakaran hebat melanda dua unit rumah di Kelurahan Dul, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi, Sabtu (16/4/2022) tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangka Belitung Mikron Antariksa mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan kebakaran pada pukul 09.06 WIB.

Empat mobil pemadam kebakaran langsung diterjunkan untuk memadamkan api.

“Kebakaran diketahui dari anak pemilik rumah yaitu Danis (10) yang melihat asap dan api pertama kali di gudang rumahnya pada pukul 09.00 WIB. Kemudian dia memangil keluarga untuk melakukan penyelamatan diri dan barang-barang berharga,” kata Mikron.

Menurut Mikro, dugaan sementara kebakaran diakibatkan korsleting listrik di gudang katering dan alat olahraga di rumah itu.

“Diduga penyebab awal kebakaran adalah korsleting listrik di gudang katering dan alat olahraga yang menyebabkan percikan api dan menimbulkan kebakaran disalah satu gudang tersebut, yang kemudian menyebar ke rumah tersebut,” ujar Mikron.

Mikron mengatakan tim gabungan yang diterjunkan membutuhkan waktu sekira satu jam untuk memadamkan api, dikarenakan 90% material bangunan terbuat dari kayu dan papan.

“Dikarenakan material rumah 90% kayu dan papan, menyebabkan api cepat menyebar dan menghanguskan dua unit rumah. Setelah dilakukan upaya pemadaman bersama oleh pihak Damkar danpihak terkait lainnya, serta bantuan dari masyarakat sekitar. Api berhasil di padamkan pada pukul 10.30 WIB dan selanjutnya dilakukan penyiraman pendinginan terhadap sisa sisa material yang terbakar,” katanya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun perkirakan kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

“Total kerugian dari dua unit rumah yang terbakar ditaksir mencapai Rp300 juta,” pungkasnya.

 

Sumber : Sindonews.com