Diduga Selewengkan DD, Kepdes Sijambur Dilaporkan Ke Polres Samosir

0
105
Loading...

BuktiPers.Com – Samosir (Sumut)

Didampingi tokoh masyarakat Desa Sijambur, Kecamatan Ronggur Nihuta, Kabupaten Samosir, Julifer Simalango, Ketua Badan Permusyawatan Desa (BPD), Julismen Tamba, laporkan Kepada Desa (Kepdes) Sijambur ke Polres Samosir atas dugaan penyalahgunaan keuangan Dana Desa (DD) TA 2018, Jumat (3/8/2018).

Julismen, kepada BuktiPers.Com menyampaikan, laporan itu menindaklanjuti surat laporan Bendahara Desa Sijambur No.01/BDS/DSSR/VII/2018 tertanggal 30 Juli 2018 atas nama Antonius H Siringo-ringo, setelah melakukan penarikan uang dari rekening desa, yakni dari Bank Sumut Cabang Pangururan, sebesar Rp 534.897.891. Di hari yang sama, uang itu langsung ditransfer ke BRI Cabang Pangururan atas nama Kasman Naibaho atas pemaksaan dari Kepala Desa, Judiman Naibaho.

Baca Juga!  Kasat Narkoba Pematangsiantar Lakukan Penyuluhan Bahaya Narkoba Bagi Penerus Bangsa

“Dana itu, seyogianya untuk membayarkan kegiatan yang tertampung di APBDes tahun anggaran 2018. Namun sejak penarikan uang, hingga saat ini menurut keterangan bendahara desa, belum ada transaksi pengeluaran di desa sesuai peruntukannya,” terang Julismen.

Lanjutnya, atas dasar itu, selaku Ketua BPD Sijambur, ia mempertanyakan apakah kejadian itu diperbolehkan sesuai peraturan perundangan-undangan.

“Selain itu, berdasarkan surat pernyataan yang ditandatangani Pemerintah Desa, BPD disaksikan langsung oleh Kepala Dinas PPAMD Kabupaten Samosir bersama Camat Ronggur Nihuta, tentang penggunaan aset desa (kantor desa), sampai saat ini kantor desa Sijambur tidak difungsikan oleh Kepdes,” paparnya.

Sambung Julismen, juga ditemukan adanya kejanggalan dalam kwitansi pengadaan barang atau belanja modal yang digunakan dari penarikan dana tahap pertama, yakni sebesar 20%.

Baca Juga!  Meskipun Sudah di Tertibkan Satpol PP, Kedai Tuak Di Jalan Seminai Tetap Membandel.

Adapun besaran dana desa tahun anggaran 2018 Desa Sijambur, alokasi dasar Rp 616.345.000, alokasi formula Rp 50.315.000, total Rp 666.660.000. (S.Manurung/Red)

Loading...