Beranda Pendidikan Digosipi tak Mau Hormat Bendera saat Upacara, Ini Penjelasan Rosmawati Boru Sinaga

Digosipi tak Mau Hormat Bendera saat Upacara, Ini Penjelasan Rosmawati Boru Sinaga

63
0
Rosmawati boru Sinaga. (Foto/Stg)
Loading...

Buktipers.com – Simalungun (Sumut)

Tudingan tidak mau hormat bendera merah putih saat upacara berlangsung, ditanggapi langsung oleh Kepala Sekolah (Kasek) SDN 091466 Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Rosmawati boru Sinaga.

Dikatakannya, dirinya tidak menghormat bendera dengan cara memakai tangan, karena tidak pernah memakai topi saat upacara bendera, namun menghormat dengan cara berdiri tegak, membusungkan dada dan mengikuti pergerakan bendera hingga bendera naik ke atas sampai selesai.

“Saya tetap menghormat bendera  tanpa mengurangi nilai yang terkandung dalam bendera merah putih dengan cara berdiri tegak, membusungkan dada dan mengarahkan pandangan ke bendera mulai kenaikan bendera hingga selesai. Itu saya lakukan sesuai dengan Undang – Undang Nomor 24 Tahun 2009, Pasal 20 dan PP Nomor 40 Tahun 1985  tentang tata upacara bendera, itu yang saya ikuti,” bebernya kepada Buktipers.com, Senin (11/2/2019), sekira pukul 14.25 WIB, di salah satu warung di Jalan Sisingamangaraja.

Baca Juga!  Oknum Kasek SDN di Parapat ‘Digosipi’ tak Mau Hormat Bendera saat Upacara

Bahkan menurutnya, dia sudah 30 tahun sebagai PNS dan sudah berapa kali dipanggil ke Dinas Pendidikan,  gara – gara tindakan ini.

Tetapi kok bisa saya jadi Kepala Sekolah, bahkan saya setiap mengikuti upacara ,bahkan pernah menjadi pembawa acara, namun tidak memakai topi. Saya melakukan penghormatan hanya berdiri tegak dan melakukan penghormatan hanya sebatas sikap tegap hingga selesai, kok baru sekarang dipermasalahkan, kata Rosmawati.

Sementara Korwil Pendidikan Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Juster Sinaga kepada wartawan, mengakui, dia melihat langsung Kepala Sekolah Rosmawati tidak menghormat bendera dengan cara mengangkat tangan, ketika upacara sedang berlangsung.

Upacara kenaikan bendera merah putih itu dilaksanakan pada hari ini (Senin, 11/2 /2019), di lapangan SDN 091466, bersama murid-murid.

Baca Juga!  Lima Ratusan Lebih Dampingi Bupati dan Wabup Sergai Bersepeda Ontel

Dan saya pun sudah menyaksikannya, bahwa Kasek tersebut tidak menghormat bendera dengan cara mengangkat tangan, seperti yang lazim, katanya.

Sementara itu, menurut warga sekitar, marga Sinaga, menyampaikan ” Sebaiknya sebagai ASN harus patuh dan taat kepada peraturan  NKRI, dimana saat pengangkatan menjadi PNS memiliki syarat utama, harus patuh dan taat kepada Pancasila dan UUD 45, inikan lambang Negara yang harus kita taati dan dihormati,  “kata Sinaga. (Stg)

Loading...