Dihantam Ombak, Kapal Motor Bawa 19 ABK Karam di Pulau Mursala Tapteng

0
20
Sebanyak 19 ABK KM Rejeki Indah Sari GT 30 dievakuasi petugas menuju KM Nakula milik Basarnas. (Foto: Antara/Istimewa).
Dijual Rumah

Medan, buktipers.com – Kapal Motor (KM) dengan nama lambung Rejeki Indah Sari GT 30 karam setelah dihantam badai di Perairan Ujung Saroba Pulau Talam, di kawasan Pulau Mursala, Tapanuli Tengah (Tapteng).

Sebanyak 19 orang anak buah kapal (ABK) yang sedang mencari ikan tersebut berhasil diselamatkan petugas Basarnas dibantu Satpol Air Polres Sibolga.

Kasubbag  Humas Polres Tapteng Iptu R Sormin mengatakan peristiwa berawal saat KM Rejeki Indah Sari GT 30 berangkat bersama 19 orang ABK untuk mencari ikan di perairan Kota Sibolga, tepatnya di kawasan Pulau Mursala.

Namun, kapal yang mereka tumpangi karam setelah dihantam badai.

Petugas Basarnas dan Satpol Air Polres Sibolga yang mendapatkan panggilan darurat dari nakhoda kapal kemudian bergerak menuju lokasi yang disebutkan. Dengan menggunakan KM Nakula milik Basarnas, petugas kemudian berhasil mengevakuasi seluruh ABK.

“Mereka berhasil dievakuasi ke kapal KM Nakula milik Basarnas sekira pukul 21.30 WIB, dan selanjutnya dibawa menuju Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sibolga,” kata R Sormin, Rabu (3/3/2021).

Sormin mengatakan berdasarkan keterangan ABK, KM Rejeki Indah Sari GT 30 berangkat dan Tangkahan Murni di Jalan Mojopahit, Kota Sibolga, Selasa (2/3/2021) sekitar pukul 09.00 WIB.

“Namun sekitar sore hari, hujan lebat disertai badai terjadi di sekitar perairan pulau Talam dan menghantam kapal yang saat itu berada di sekitar ujung Sarobah Pulau Talam hingga karam,” katanya.

 

Sumber : iNews.id