Beranda Nasional Dikepung Kabut Asap, Pesawat Tujuan Jambi Dialihkan ke Palembang

Dikepung Kabut Asap, Pesawat Tujuan Jambi Dialihkan ke Palembang

37
0
Ilustrasi Bandara Sultan Thaha Jambi (Ardan Adhi Chandra/detikcom)

Jambi, buktipers.com – Kondisi Bandara Sultan Thaha, Jambi, dikepung kabut asap pada siang ini. Akibat pekatnya kabut asap, 1 penerbangan maskapai Garuda terpaksa dialihkan ke Palembang.

Garuda dengan kode penerbangan GA 126 dari Jakarta tujuan Jambi terpaksa mendarat di Bandara SMB II Palembang. Pesawat tersebut lepas landas dari Jakarta pada pukul 09.30 WIB.

“Iya benar, hari ini jarak pandang di Jambi cukup mengganggu penerbangan, tadi sekitar pukul 11.00 WIB jarak pandang hanya mencapai 500 meter dan itu sangat mengganggu untuk dilakukan pendaratan hingga dialihkan sementara ke Palembang,” kata Eksekutif General Manager Angkasa Pura II Jambi, Hendra Irawan, kepada detikcom, Minggu (22/9/2019).

Baca Juga!  Satpol PP Indragiri Hulu Lakukan Kunjungan Kerja Ke Satpol PP Pelalawan.

Pesawat Garuda tujuan Jambi itu juga sempat berputar-putar di udara selama kurang-lebih setengah jam untuk dapat menunggu kepastian pendaratan di bandara Jambi. Namun, karena kondisi jarak pandang yang sangat minim akibat kabut asap karhutla tersebut, pesawat itu pun terpaksa mendarat di bandara Palembang untuk dapat menurunkan sementara para penumpang.

Hingga kini, puluhan penumpang pesawat tujuan Jambi itu masih menunggu kepastian dari pihak maskapai kapan akan diberangkatkan kembali ke Jambi.

“Kita masih melihat kondisi jarak pandangnya lagi ya. Sekarang ini pada pukul 12.30 WIB jarak pandang masih berada di 650-an meter. Jika seandainya jarak pandang sudah membaik di angka 800 meter ke atas bisa memungkinkan kita untuk melakukan pendaratan di Jambi,” ujar Hendra.

Baca Juga!  IRT di Palembang Ditemukan Tewas Mengenaskan, Banyak Luka Tusuk

Sementara itu, hingga saat ini kebakaran hutan dan lahan di Jambi belum dapat teratasi. Tim satgas karhutla Jambi juga telah berupaya memadamkan lahan yang terbakar itu. Sejauh ini, berdasarkan data analisis Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi Jambi, luas kebakaran hutan dan lahan di Jambi tercatat mencapai 47.510 hektare.

Sumber : detik.com

 

Loading...