Beranda Nasional DIKLAT PB POKMAS DI BAKTI RAJA KABUPATEN HUMBAHAS

DIKLAT PB POKMAS DI BAKTI RAJA KABUPATEN HUMBAHAS

130
0
Loading...

BuktiPers.Com – Humbahas (Sumut)

Kegiatan pendidikan dan pelatihan
(diklat) dalam pembekalan acara penanggulangan terhadap bencana alam yang dilaksanakan selama 2 hari yakni hari Kamis-Jumat (Mei 2018). Kecamatan Bakti Raja dihunjuk sebagai tuan rumah oleh Dinas BPBD Humbahas.

Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Humbahas Ir Tumbur Hutagaol membuka acara tersebut dengan resmi. Tumbur menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendidik, melatih dengan tanggap dan cekatan terhadap 80 orang sebagai anggota Kelompok Masyarakat Peduli Bencana (Pokmas PB) dari 27 desa di Kabupaten Humbahas yang rawan terhadap krisis bencana.

Tumbur menambahkan bahwa anggota Pokmas PB tersebut dilatih oleh instruktur dari Basarnas Danau Toba dan Tagana Jakarta, dari 80 peserta diklat wajib dibekali serta dilatih agar tanggap dan cekatan dengan materi, seperti bantuan hidup dasar. Ini adalah tehnik evakuasi dan penyelamatan korban bencana di air, teknik evakuasi dan penyelamatan di darat, teknik pertolongan pertama pada korban bencana, teknik mengangkat korban tanpa alat dan pakai alat.

Baca Juga!  Mandi Di Sungai Silau Tanjungbalai Siswa SD Terbawa arus

Sedangkan cara menggunakan alat komunikasi HT (handy talky), cara menggunakan alat navigasi GPS (global positioning system), self rescue, dan lain-lain. Inilah yang perlu dan harus dikuasai semua peserta diklat agar tidak canggung atau kaku bila dalam situasi yang sesungguhnya.

“Jika para regu Pokmas PB tidak dapat menguasai semua yang telah saya sampaikan tadi, bagaimana mungkin bisa menyelamatkan nyawa orang, atau belum mendapatkan korban Pokmas PB sendiri yang jadi ditolong. Maka dengan Diklat ini masyarakat Humbahas semakin tanggap, tangkas, tangguh dan cekatan dalam menghadapi bencana, baik pada saat pra bencana, pada saat tanggap darurat dan pada pasca bencana,” ujarnya.

Maka kami dari pemerintahan Kabupaten Humbahas sehenap mewakili Bupati tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada pembimbing, instruktur, dan narasumber. Baik dari Basarnas dan juga dari Tagana Pusat,” ucap Tumbur mengakhiri.
(B.Nababan/Red)

Loading...