Dikonfirmasi Keterlambatan Pekerjaan Dermaga Roro, Ini Tanggapan Kadishub Lingga dan Mandor

0
12
Keterlambatan pekerjaan Dermaga Roro ditanggapi Kadishub Lingga dan Mandor.
Dijual Rumah

Lingga, buktipers.com – Keterlambatan hari dan waktu pekerjaan proyek Pelabuhan Roro oleh pihak Kontraktor, ditanggapi Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Lingga, dan mandor pengawasan pekerjaan dari pihak Kontraktor.

Dalam hal keterlambatan pekerjaan Ramp Door ini, bukan dikarenakan ada unsur kesengajaan ataupun kelalaian yang dilakukan oleh pihak Kontraktor, namun semua permasalahan ini disebabkan beberapa hal, termasuk juga faktor cuaca yang kurang bersahabat, ujar Kadishub Lingga, Selamat, kepada beberapa awak media, Kamis (23/12/2021), di Pelabuhan Roro Desa Jagoh, Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga, Kepri.

“Memang di dalam kontrak, diselesaikan pada tanggal 13 Desember 2021. Namun di luar dugaan kita, ada beberapa kendala prismiornya terutama untuk bahan baku, ini memang tidak berada di lokasi Provinsi Kepri. Bahan bakunya kita pesan dari luar. Kemudian kita melakukan perpanjangan kontrak, melakukan perpanjangan otomatis yang memang kita meminta kepada pihak ketiga dan menegaskan agar segera melakukan percepatan pekerjaan dengan penambahan personil serta waktu lembur kerja. Dalam hal tersebut, pihak ketiga begitu serius dan mematuhi itu secara  berkomitmen melakukan penyelesaian pekerjaan ini,”ujarnya.

Lanjutnya, pihaknya rencanakan kegiatan sebelum tanggal 23 Desember ini sudah selesai, namun karena prismiornya terutama tentang hidrolik yang dipesan dari Jakarta. Posisinya itu pemesanan pada satu tempat yang memang tidak kita saja membutuhkan. Ada beberapa pemesanan yang bersamaan dengan kita, di daerah-daerah lain. Namun hidrolik yang dipesan itu, untuk Kabupaten Lingga dipercepat dan Alhamdulillah Lingga yang diselesaikan terlebih dahulu. Maka pada hari ini (Jumat, 23/11/2201), hidrolik yang dipesan sudah sampai, katanya.

“Kita berharap maksimal pada tanggal 26 – 27 Desember 2021, semua pekerjaan itu sudah klir. Jadi proses ini tidak melepas dari proses-proses ganda karena tetap berjalan. Intinya proses kegiatan yang ada tetap kita jalani dan kita juga sudah berkoordinasi, bahwa percepatan ini tetap dilakukan dan pekerjaan harus berkualitas, insya allah demi kenyamanan masyarakat Kabupaten Lingga, ujarnya lagi.

Dan juga tidak mudah untuk mendapatkan anggaran DAK,  jadi dalam hal ini kita tidak main-main karena yang kita laksanakan juga kebutuhan masyarakat Kabupaten Lingga, bahwa kita yakinkan, begitu kegiatan selesai bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, tegas Selamat.

Selamat juga menjelaskan, bahwa untuk proses normalisasi dan normalnya operasi Kapal Roro ini, insya allah pada awal Januari 2022 dan sesuai dengan rilis ihaknya sebelumnya, bahwa normal operasi Roro terutama rute dari Penarek – Jagoh dan Jagoh – Tungkal, termasuk juga Batam dan Tanjungpinang itu, insya allah pada awal Januari. K

Kita juga sudah berkoordinasi dengan SDP, tinggal menunggu selesai hidrolik dan pemasangan semuanya diuji coba, berarti kita sudah bisa beroperasi, tutup Kadishub Lingga.

Sementara itu, pihak ketiga selaku pelaksana pekerjaan, melalui Ariyanto selaku mandor lapangan mengatakan, penyebab utama Keterlambatan pekerjaan ini bukan karena ada unsur kesengajaan yang dilakukan, namun hal ini terjadi disebabkan cuaca yang kurang bersahabat.

“Kendala keterlambatan utama pekerjaan kita karena hujan pak, sehingga para pekerja kita tidak bisa maksimal melakukan aktivitasnya. Jika sudah turun hujan kita tidak bisa bekerja, apalagi para pekerja bidang “pengelas” pemotongan maupun perakitan plat besi yang diperlukan. Semua tidak bisa dilakukan saat cuaca turun hujan pak,” pungkasnya.

 

(R/DL)