Dimasa “Angin Koncang” Nelayan Bagan Kuala Terbantu Cairnya BLT – DD Tahap IV

0
14
Kades Bagan Kuala, Sapril saat serahkan dana BLT - DD, kepada Nek Rohani.

Sergai, buktipers.com – Pemerintahan Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), menyalurkan dana Bantuan Langsung Tunai – Dana Desa (BLT – DD) tahap IV tahun 2020, di Dusun I, Kantor Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Sergai, Selasa (25/8/2020).

Penyaluran dana BLT tersebut, melalui sistem pemberitahuan kepada masyarakat penerima untuk hadir di kantor desa, dengan membawa potocopy Kartu Keluarga (KK), yang langsung dipimpin Kepala Desa Bagan Kuala, Safril, para Perangkat Desa dan para Kepala Dusun Desa Bagan Kuala.

Masyarakat terdampak Corona Virus Disease (Covid-19) Desa Bagan Kuala dari Dusun I sampai Dusun III, ada sebanyak 189 warga atau KK yang menerima BLT – DD tahap IV.

Dengan rincian, Dusun I sebanyak 90 KK, Dusun II sebanyak 33 KK dan Dusun III sebanyak 66 KK.

Kepala Desa Bagan Kuala Safril mengatakan, dana BLT ini diberikan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19, sebesar Rp 300.000 (tiga ratus ribu rupiah), terhitung mulai dari bulan July, Agustus dan September tahun 2020.

Warga penerima yang ada di Dusun I dan Dusun II,  datang langsung ke kantor desa untuk mengambil dana tersebut.

Dan untuk warga Dusun III, Pemerintah Desa Bagan Kuala, langsung menyalurkan dana tersebut ke rumah-rumah warga karena lokasinya jauh dari kantor desa.

Safril menambahkan, sebelumnya ada sekitar 193 warga yang menerima dana BLT, namun BLT – DD tahap IV ini, ada sedikit pengurangan karena ada sekitar 4 (empat) KK yang sudah menjadi penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang diterima dalam bentuk sembako.

Disebutkan Kades Bagan Kuala, bantuan ini kemungkinan akan berlajut.

Sebelumnya, BLT – DD tahap I sampai III yang diberikan sebesar Rp 600.000,’ sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK 40) dan untuk pemberian dana BLT – DD lanjutan tahap ke IV tahun 2020 ini, berdasarkan PMK 50.

“Dana BLT DD lanjutan ini diberikan sebesar tiga ratus ribu rupiah berdasarkan PMK 50,” ungkap Safril lagi.

Lisa (27), warga Dusun I, Desa Bagan Kuala, merasa sangat senang karena sudah yang ke empat kalinya menerima bantuan BLT – DD.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Kepala Desa Bagan Kuala, sudah menyalurkan BLT ini, karena sangat terbantu untuk kebutuhan sehari-hari kami,”ungkapnya.

Yuda (29) saat mendampingi istrinya Lisa, merasa senang dapat menerima bantuan itu. Walaupun tidak sebesar pada awal – awal sebelumnya yakni sebesar Rp.300.000, tetapi sudah sangat membantu kami, katanya.

Lantaran pada masa sekarang, dimana saya sebagai nelayan tidak bisa melaut karena “angin koncang”. Kami sangat terbantu untuk membeli barang keperluan sehari-hari seperti beras, minyak goreng, dan keperluan lainnya, ungkap Yuda dengan logat kampungnya.

Begitu juga dengan Nek Rohani (90), warga Dusun I, Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Desa Bagan Kuala.

“Semoga Safril diberikan kesehatan dan dimudahkan rezekinya, “kata nenek yang tertua di Desa Bagan Kuala ini.

(ML.hrp)